Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Meningkatkan Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar BBP Selenggarakan Penyuluhan

0 63

Merauke, TN – Balai Bahasa Papua (BBP) menyelenggarakan kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia bagi media massa di Merauke, Kamis (08/08). Penyuluhan bertujuan agar peserta dapat meningkatkan kemahiran dan keterampilan dalam berbahasa Indonesia.

Selain itu, peserta lebih mengenal dan memahami berbagai kaidah bahasa Indonesia yang mencakup kaidah ejaan bahasa Indonesia, kaidah pembentukan dan pemilihan kata, penyusunan kalimat dan penyusunan paragraf.

“Diharapkan peserta dapat meningkatkan kemampunannya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan mempunyai sikap positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia,” terang Ketua Panitia, Asnabuasanpe di Aula SMK 3 Merauke.

Kesempatan yang sama, Kepala Balai Bahasa Indonesia Papua, Suharyanto M.A. menyampaikan, media massa merupakan salah satu lembaga yang menjadi pilar bagi berdiri dan tegaknya negara kesatuan RI melalui informasi yang disajikannya.

“Media massa berperan menyampaikan informasi yang tepat, akurat, dan benar. Untuk itu, pasti berhubungan langsung dengan fungsi kebahasaan agar apa yang disampaikan dapat dimengerti masyarakat,” jelasnya.

Informasi yang dikemas dalam penulisan sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, maka maksud dari informasi yang disampaikan akan dipahami masyarakat atau pembaca atau pendengar. Di sisi lain, dengan membaca tulisan atau mendengar laporan dari media, masyarakat akan terpengaruh dengan bahasa yang digunakan.

“Oleh karena itu, kami mengharapkan para insan pers bisa melakukan penulisan secara cermat, teliti dan tepat sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia,” harapnya.

Kepala Dinas Kominfo Merauke diwakili Kepala Seksi Layanan Informasi Elektronik, Ratna S.Sos mengapresiasi kegiatan dari BBP sehingga semakin membetulkan penggunaan tata bahasan yang kurang tepat bagi peserta.

“Diaharapkan, ilmu yang diperoleh dapat diterapkan di tempat kerja masing-masing,” ucapnya.

Anda mungkin juga berminat