Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Melkias Frans Siap Maju Pilkada MBD, Odie Orno “Dilirik”

0 405

Ambon, TN – Anggota DPRD Provinsi Maluku asal Partai Demokrat daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Kepulauan Tanimbar, Melkias Frans menyatakan dirinya siap maju dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Maluku Barat Daya yang akan digelar pada tahun 2020 mendatang.

Untuk pasangannya, Odie Orno, yang adalah adik Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno yang “dilirik” oleh Frans. “Memang sudah ada komunikasi politik. Nanti soal siapa yang akan menjadi calon bupati, dan siapa yang akan menjadi calon wakil bupati, nanti diatur oleh partai pengusung. Bisa juga pasangannya orang lain. Yang jelas, saya siap maju,” kata Frans kepada Teropongnews.com, di gedung DPRD Provinsi Maluku, di kawasan Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Senin (15/7).

Namun demikian, kata Frans, semua tergantung dari hasil survey yang dilakukan oleh lembaga survey yang berkompeten. Saat ini, kata Frans, dirinya sementara memperlajari suhu politik di kabupaten setempat. Kendati Pilkada Kabupaten MBD baru akan digelar pada tahun 2020 mendatang, namun sejumlah figur yang bakal digadang-gadang merebut kursi panas di dua daerah mulai ramai digulir di media sosial (medsos).

Selain incumbent Benyamin Noach (Bupati MBD), nama Simon Mose Maahury (mantan calon Bupati MBD), Odie Orno (adik Wagub Maluku), Alfons Siamiloy (Sekda MBD), Aser Orno (Jaksa), Anos Jermias (anggota DPRD Provinsi Maluku) dan sejumlah figur lainnya. Figur-figur ini digadang-gadangkan akan merebut kursi Bupati dan Wakil Bupati di MBD.

Untuk diketahui, dari 11 daerah Kabupaten/Kota di Maluku, empat diantaranya akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di tahun 2020. Empat daerah yang bakal melaksanakan pilkada serentak 2020 yakni Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya (MBD) dan juga Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun mengatakan, berdasarkan Peraturan KPU, menyangkut dengan tahapan program jadwal pilkada serentak 2020, ada sekitar 270 daerah di Indonesia yang akan melaksanakan pilkada serentak, termasuk empat Kabupaten di Maluku.

Anda mungkin juga berminat