Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Melalui DAU, Diskominfo Merauke Laksanakan Latihan Komputer Bagi Aparat Distrik Dan Kampung

0 36

Merauke, TN – Dinas Kominfo Merauke setiap tahunnya gencar melakukan kegiatan pelatihan komputer dasar bagi aparat distrik, kampung dan masyarakat. Di tahun 2019 ini telah menyelenggarakan pelatihan di tiga Distrik yakni Sota, Naukenjerai dan Tanah Miring dengan menggunakan dana alokasi umum (DAU).

Tujuan pelatihan dasar komputer adalah untuk meningkatkan SDM aparat kampung, aparat distrik dan masyarakat tentang teknologi informasi komputer dan ITE, karena kedepannya kampung-kampung akan menerapkan aplikasi e-kampung. Dengan e-kampung, aparat kampung, distrik dan masyarakat bisa mempromosikan keunggulan semua sektor di kampung serta menginput data asset jual beli, data penduduk dan surat menyurat.

“Dengan pelatihan komputer dasar ini, ada peserta yang sudah bisa menggunakan komputer, bahkan ada beberapa kampung yang memprogramkan untuk diadakan pelatihan khusus. Bekerjasama anatara kampung dan Dinas Kominfo menggunakan dana kampung,” jelas Kasie Penyelenggara e-government Dinas Kominfo, Trio Rendra Yustiyono, S.Kom, Kamis (04/07/19).

Selain itu, peserta juga diajarkan bagaimana mengelola dan memanfaatkan website Kampung. Dari 20 distrik di Kabupaten Merauke, ada 14 distrik dan 131 kampung yang sudah diberikan pelatihan. Masih tersisa enam distrik lainnya yakni Distrik Waan, Tubang, Ilwayab, Tabonji, Kaptel dan Ngguti. Enam distrik tersisa akan dianggarkan tahun berikutnya karena disesuaikan dengan dana yang tersedia.

“Target kami, semua distrik harus kita datangi untuk memberikan pelatihan. Karena program kita adalah menuju Smart City,” tambah Kasie Penyelenggara e-government di ruang kerjanya.

Anda mungkin juga berminat