Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Masyarakat Perlu Ketahui Beberapa Alasan Pemadaman Listrik

0 79

Merauke, TN – Masyarakat perlu mengetahui alasan pemadaman listrik yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Sehingga dapat dipahami ketika petugas PLN melakukan pemadaman.

Pertama, terjadinya bencana alam, seperti banjir, gempa bumi atau angin kencang. Biasanya pada kondisi seperti ini akan dilakukan pemadaman dengan tujuan sebagai proteksi/perlindungan.

“Yang kita protek adalah jiwa, baik masyarakat, personil PLN maupun peralatan,” jelas Manager PLN UP3 Merauke Daniel Tampubolon kepada wartawan, Selasa (29/05/19).

Kedua,lanjut dia, pemadaman karena kondisi alam, seperti pohon tumbang atau kelelawar dan gangguan lainnya di kabel terbuka mengakibatkan arus pendek.

Ketiga, terjadi kebakaran, agar tidak meluas melalui aliran listrik. Selanjutnya, pemadaman karena adanya defisit/kekurangan daya, termasuk pengujian terhadap pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) dan kegiatan pemeliharaan peralatan di lapangan, sehingga perlu dilakukan pemadaman.

“Kecuali di Tanah Merah atau Boven Digoel yang memang mesinnya mengalami kerusakan,” jelasnya.

Kembali ditegaskan, terjadi pemadaman yang diakibatkan dari sumber diatas adalah sebagai bentuk proteksi terhadap jiwa dan peralatan.

Anda mungkin juga berminat