Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Masalah Sampah Masih Jadi “PR” Bagi Pemkot Ambon

0 16

Ambon, TN – Ironis memang, ketika Pemerintah Kota Ambon yang ke Tujuh kalinya medapat penghargaan Adipura dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Negara Lingkungan Hidup, terhitung sejak tahun 2012 hingga 2018, namun masalah sampah masih menjadi Pekerjaan Rumah alias “PR” bagi Pemkot Ambon.

Namun, penilaian pemerintah pusat tersebut berbanding terbalik dengan realitas yang ada saat ini di Kota Ambon. Sebab, masalah sampah hingga saat ini belum dapat diatasi.

Hal ini terbukti begitu banyak sampah yang masih berserakan. Baik diatas trotoar, di sepanjang taman kota Jalan Sam Ratulangi dan di sejumlah ruas jalan di kota yang dijuluki “Manise” ini.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy bahkan mengaku, masalah sampah di Kota Ambon memang masih menjadi PR bagi pemerintah.

Tapi, Pemerintah Kota Ambon akan terus berupaya mengatasi berbagai persoalan yang menyangkut dengan sampah.

“Sampah akan ada terus sampai kita mati, dan tidak mungkin berhenti. Nah, bagaimana cara penanganan itu yang dievaluasi dan dinilai oleh Kementerian dengan beberapa standar kategori, yakni Kota Besar, Kota Sedang dan Kota kecil.

Sementara Kota Ambon masuk dalam klasifikasi kota sedang,” kata Wali Kota kepada wartawan, di Ambon, Rabu (16/1).

Menurut Wali Kota, masih banyak hal yang perlu dibenahi terkait masalah sampah, terutama tingkat kepedulian dan kesadaran masyarakat. Pasalnya, Ambon merupakan kota tua sehingga infrastruktur pendukungnya sulit dibenahi.

Dia mencontohkan, sampah yang palig berat diatasi itu berasal dari teluk karena dari muaranya sulit diangkut. Hal tersebut dikarenakan pemukiman warga sudah makin dekat dengan laut.

“Oleh karena itu, bulan depan pemerintah kota akan turun langsung melakukan sosialisasi ke desa-desa dan lingkungan masyarakat, bukan hanya mengenai sampah dan lingkungan saja, tetapi juga berbagai faktor, yakni faktor kesehatan dan juga faktor pemerintahan,” tandas dia.

Anda mungkin juga berminat