Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Mandacan Pertanyakan Utusan Papua Barat Bertemu Presiden Jokowi

0 8.991

Manokwari,TN- Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan mempertanyakan utusan Provinsi Papua Barat dari 61 orang yang bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (10/9).

Dominggus Mandacan mengatakan, dirinya tidak mengetahui utusan tokoh masyarakat dari Provinsi Papua Barat untuk membahas tentang kerusuhan yang terjadi di Tanah Papua sejak 19 Agustus 2019 lalu.

“Saya tidak tau juga, saya tau ketika pertemuan di siaran telivisi, ohh ada yang mewakili kita di istana Negara, mereka mendapat rekomendasi dari mana untuk mewakili kita..?” kata Dominggus dengan nada tanya kepada awka media usai menghadiri pawai dan deklarasi damai di Lapangan Borasi Manokwari, Rabu (11/9).

Kepala suku besar Arfak itu menegaskan bahwa, pihaknya tidak pernah merekomendasikan siapa pun untuk mengikuti pertemuan bersama Presiden Joko Widodo membicarakan tentang persoalan kerusuhan di tanah papua.

Menurutnya, utusan tokoh masyarakat Papua Barat yang mengikuti pertemuan bersama kepala Negara harus melalui Pemerintah Daerah, karena pihaknya sudah mengetahui lembaga-lembaga adat yang sah secara hukum sudah terdaftar di Badan Kesbangpol.

Hal itu menandakan bahwa orang-orang yang mengikuti pertemuan di istana Negara bukan utusan dari Papua dan Papua Barat untuk membicarakan tentang persoalan papua yang sedang berangsur-angsur kondusif.

“Kita memang lagi menunggu undangan dari Presiden, artinya dari aspirasi dan harapan yang disampaikan melalui demo damai serta anarkis, saya sudah mengirim kepada Presiden bersama kementrian terkait, dengan harapan bahwa ketika Presiden atau kementrian terkait membaca maka kita bisa diundang untuk membahas tentang persoalan dan mencari solusinya,” tegas Dominggus.

Sesuai data yang dihimpun media ini, 61 tokoh masyarakat mewakili Provinsi Papua dan Papua Barat diundang Presiden Joko Widodo, dalam pertemuan tersebut mereka menyerahkan 9 aspirasi.

Anda mungkin juga berminat