Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Maluku Memiliki Banyak Komoditas Unggulan

0 131

Ambon, TN – Provinsi Maluku memiliki banyak komoditas unggulan, baik dari sektor perikanan, pertanian, pariwisata maupun pertambangan yang dapat dikembangkan menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi daerah, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian.

“Dalam UU ini, mengatur soal produksi yang berproses dalam rangkaian industri, sebagai sistem dalam mengembangkan pilar ekonomi,” kata Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno kepada wartawan, di Ambon, Rabu (30/10).

Untuk itu, kata dia, dalam rangka memperkuat peran Pemerintah Daerah (Pemda) dalam pembangunan industri nasional, maka perlu disusun perencanaan pembangunan industri provinsi yang sistematis, komprehensif dan futuristik dalam wujud rencana pembangunan industri Provinsi Maluku tahun 2019-2039.

Menurut Wagub, dukungan sistem industri, juga perlu didorong dalam pengembangan pariwisata, karena pariwisata merupakan salah satu sektor terpenting dalam mendukung pembangunan daerah, sebagai penggerak perekonomian, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maka untuk melaksanakan ketentuan pasal 9 ayat 2 UU Nomor 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan, maka Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku telah menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah Provinsi Maluku tahun 2019-2025.

“Rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah ini, merupakan pedoman umum pembangunan kepariwisataan daerah yang memberikan visi, arah kebijakan, strategi, dan rencana program kegiatan yang jelas, bagi pengembangan kawasan-kawasan wisata,” tandas Wagub.

Anda mungkin juga berminat