Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Maluku Eksport 5,2 Ton Kepiting ke Malaysia Dan Singapura

0 33

Ambon, TN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku untuk pertama kalinya mengeksport komoditi Kepiting hidup seberat 1,2 ton ke luar negeri. Negara yang menjadi tujuan ekspor tersebut yakni, Malaysia dan Singapura.

“Hasil perikanan non ikan, pada 12 Januari kita sudah pelepasan ekspor perdana komoditi kepiting ke Malaysia dan Singanpure sebanyak 1,2 ton,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Elvis Pattiselano lewat rilisnya yang diterima Teropongnews.com, Minggu (27/1).

Pihaknya, kata dia, telah berkomiten untuk bisa rutin mengekspor kepiting ke sejumlah negara.

“Kepiting banyak di Aru (Kabupaten Kepulauan Aru). Nanti dibeli dan dikumpul lalu bawa ke Ambon untuk diekspor,” kata Elvis.

Meski ada juga permintaan Kepiting dari Cina, tapi Elvis mengatakan, pihaknya untuk sementara masih melakukan ekspor ke Malaysia dan Singapura.

“Malaysia Singapura rutin. Menurut informasi dari pimpinan UD. Putri Desi sudah ada permintaan Kepiting dari Cina juga. Tapi belum. Kan masing-masing wilayah itu aturannya sendiri-sendiri. Jadi mereka lagi berproses untuk masuk melangkapi dokumen untuk masuk ke Cina,” jelasnya.

Menurutnya, hasil Kepiting asal Kabupaten Kepulauan Aru dulunya diekspor dari Timika, Papua. “Sekarang kita tarik ekspor dari Ambon. Sekarang eksportir sudah punya instalasi,” katanya.(*)

Anda mungkin juga berminat