Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

LPSE-BPBJ Raja Ampat Gelar Pelatihan SPSE Versi 4.3

0 154

Waisai, TN – Layanan Pengadaan Secara Elektronik Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (LPSE-BPBJ) sekretariat daerah pemerintah kabupaten Raja Ampat mengadakan pelatihan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4.3 bagi pejabat pengadaan dan penyedia lokal kabupaten Raja Ampat, Selasa (18/6) di gedung wanita Syalome Syeben Waisai, kabupaten Raja Ampat.

Mewakili Bupati, Sekda kabupaten Raja Ampat, Dr. M. Yusuf Salim M.Si menyampaikan bahwa sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan barang dan jasa pemerintah, membawa perubahan pada proses tender yang ada khususnya pada penggunaan aplikasi secara elektronik. Dimana aplikasi SPSE masih menjadi salah satu media yang digunakan oleh seluruh instansi pemerintah dalam seluruh proses pengadaan barang dan jasa.

“Olehnya Lembaga Kebijakan Pengadaan barang dan jasa Pemerintah (LKPP) terus melakukan pengembangan dan perubahan serta kebutuhan terkini dalam penyediaan barang dan jasa pemerintah yang lebih transparan, terbuka dan akuntabel, dengan sistem baru, baik sesi teknis penggunaan maupun regulasi yang digunakan saat ini, yakni aplikasi SPSE versi 4.3,” ujar Sekda

Dijelaskan Sekda, dalam aplikasi ini dokumen kontrak dibuat melalui sistem. Dimana paket pekerjaan dibuat oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) baik tender maupun non tender dengan beberapa kelebihan seperti dilakukan secara otomatis dan proses aritmatika perhitungan yang lengkap dan tepat serta hasil evaluasi ini langsung disampaikan secara online, sehingga lebih transparan bagi masyarakat. Sehingga, Sekda berharap para peserta, baik pejabat pengadaan maupun pelaku usaha yang hadir dapat meningkatkan kompetensi dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa setelah mengikuti pelatihan ini dengan baik.

“Saya berharap, setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu memahami gambaran umum pengadaan, prinsip-prinsip dasar, kebijakan umum, kode etik, dan dasar hukum peraturan yang terkait sehingga pembangunan dan pelayanan kabupaten Raja Ampat ini dapat terwujud sebagaimana yang kita harapkan bersama,” ujar Sekda.

Anda mungkin juga berminat