Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

LPPOM MUI Papua Barat Dorong Potensi Kuliner Raja Ampat Bersertifikasi Halal

0 142

Waisai, TN – Direktur LPPOM MUI Papua Barat, Dr. Ahmad Taher S.Si,M.Si menyampaikan pandangannya tentang potensi kuliner dan produk panganan lokal khas Raja Ampat yang akan semakin berkembang jika memiliki sertifikasi halal.

Dijelaskannya, seiring perkembangan zaman, kecenderungan kesadaran konsumen mencari produk halal semakin meningkat. Sehingga para pengusaha industri rumah tangga, dalam hal ini kuliner maupun panganan khas Raja Ampat harus menangkap peluang ini agar meluaskan range atau cakupan wisatawan mancanegara yang berkunjung di Raja Ampat.

“Karena tidak menutup kemungkinan, dengan memiliki jaminan halal, wisatawan muslim akan semakin banyak berkunjung kesini karena yakin dengan kuliner maupun panganan lokal khas Raja Ampat,” jelas Achmad Taher kepada awak media.

Namun diakuinya, prosedur mendapatkan sertifikasi halal ini memakan waktu dan biaya, terlebih untuk kawasan Papua Barat, LPPOM MUI berada di Manokwari, sehingga dibutuhkan usaha lebih untuk melakukan prosedur sertifikasi halal jika ingin dilaksanakan di Raja Ampat.

Sehingga ia mengapresiasi kerjasama yang dilakukan oleh Dinas terkait milik Pemda Raja Ampat yang melaksanakan sosialisasi dan pelatihan yang pertama kali bagi LPPOM MUI Papua Barat di Raja Ampat. Menurutnya ia menyambut baik kerjasama yang dilakukan dan turut mendorong pengusaha industri rumah tangga kuliner maupun panganan lokal khas Raja Ampat untuk mendapatkan sertifikasi halal.

“Hal ini merupakan langkah baik untuk meningkatkan potensi kuliner maupun panganan lokal khas Raja Ampat untuk mendukung sektor pariwisatanya yang sangat terkenal,” lanjut Achmad Taher.

Anda mungkin juga berminat