Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Louhenapessy: Gowes Nusantara Alat Konsolidasi Sosial Dan Ekonomi Kerakyatan

0 117

Ambon, TN – Penyelenggaraan Gowes Nusantara Tahun 2019 ini, setidaknya memberikan pengaruh signifikan pada dimensi hiburan, olahraga, atraktif, ekonomi kerakyatan dan bermuara pada konsolidasi sosial. Demikian disampaikan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy saat melepas peserta Gowes Nusantara Tahun 2019, di kawasan Jalan A.Y.Patty, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Sabtu (24/8).

Menurut Louhenapessy, penyelenggaraan Gowes Nusantara setiap tahunnya mengalami peningkatan dalam hal jumlah peserta. Ini memberikan indikasi kuat, bahwa Gowes Nusantara semakin merakyat, diterima dan dipahami oleh masyarakat Kota Ambon. Ini juga menandakan, bahwa pertumbuhan ekonomi di kota ini semakin baik.

“Peserta Gowes Nusantara di tahun ke-3 ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dalam jumlah peserta yang mencapai 1.200 orang,” kata Wali Kota.

Selain berdampak pada ekonomi rakyat, kata Louhenapessy, Gowes Nusantara diharapkan juga memberikan dampak bagi konsolidasi sosial di tengah-tengah isu negatif dan hoax, yang tidak menguntungkan.

“Gowes akan masuk sampai di tengah-tengah masyarakat lewat rute yang dilaluinya. Dengan begitu, komunikasi sosial akan terjalin baik dengan warga maupun sesama peserta,” ujar dia.

Dikatakan, selain Gowes Nusantara ada sejumlah kegiatan olahraga dan seni, diantaranya goyang Kaka Enda, gerak jalan, dan sejumlah kegiatan lainnya yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI, Provinsi Maluku, maupun Kota Ambon.

“Dengan banyaknya jumlah peserta Gowes Nusantara, goyang Kaka Enda, gerak jalan dan sejumlah kegiatannya lainnya telah berdampak langsung terhadap ekonomi rakyat. Hal ini sungguh disadari oleh Pemkot Ambon,” tandas Wali Kota.

Sekretaris Deputi 3 Pemberdayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Suryati menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Ambon khususnya, yang telah menyelenggarakan  event  ini dengan begitu meriahnya dan semakin bertambah jumlah pesertanya.

“Ini membuktikan komitmen Pemerintah Kota Ambon untuk memajukan olahraga, menyehatkan dan membugarkan masyarakat semakin bagus,” kata Suryati.

Melalui Gowes Nusantara, Suryati berharap, tonggak kebangkitan olahraga di Indonesia akan bangkit. Selain itu, dalam rangka menjalin rasa persatuan dan kesatuan, menumbuhkan rasa patriotisme, membela negara dalam kancah Internasional tentunya hanya satu yaitu Indonesia, Garuda di dadaku.

“Dengan event seperti ini, selain berdampak pada ekonomi masyarakat dengan penjualan kaos, sepatu, asesoris, dan sepeda, hal ini juga menjadi moment kebangkitan Industri Olahraga Nasional.

Untuk diketahui, lomba goyang Kaka Enda diikuti sekitar 3.000 peserta, sementara gerak jalan mencapai 5.000 peserta.

Anda mungkin juga berminat