Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Lokasi Longsor Poros Suwaimbon Masih Labil, Warga Dihimbau Berhati-Hati

0 139

Waisai, TN – Pasca musibah tanah longsor yang menimpa 2 rumah di poros Suwaimbon, kelurahan Warmasen distrik kota Waisai, Raja Ampat Minggu (7/7) malam, tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Raja Ampat beserta BASARNAS pos Raja Ampat telah melakukan sejumlah tindakan penyelamatan.

Ditemui teropongnews.com, Sekretaris BPBD kabupaten Raja Ampat, Abdul Rasyid Tola menjelaskan bahwa proses pembersihan tanah longsor telah dilakukan dengan menggunakan alat berat excavator.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa warga sekitar lokasi telah diingatkan mengenai adanya kemungkinan longsor susulan karena tanah dibagian bukit tersebut masih terlihat labil.

“Pilihannya adalah pembangunan talut yang jika saya hitung kasar itu tinggi dan luasannya sekitar 50 hingga 100an meter persegi agar optimal membendung tanahnya agar tidak longsor. Tapi kami pun tidak tahu sampai kapan akan bertahan,” jelas Abdul Rasyid Tola

Menurutnya, relokasi sementara adalah pilihan terbaik. Warga sekitar lokasi yang telah membangun rumahnya di dibawah bukit itu diharapkannya untuk berpindah ke daerah yang lebih aman dan nyaman jauh dari ancaman longsor.

“Lebih aman untuk pindah, karena seperti yang sudah saya sampaikan, masih ada kemungkinan akan longsor lagi, apalagi jika terjadi hujan dalam durasi yang lama,” jelas Abdul Rasyid Tola.

Anda mungkin juga berminat