Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Lima Dari 2.227 Ekor Kura-Kura Moncong Babi Ditemukan Mati

0 21

Merauke, TN – Lima dari 2.227 ekor kura-kura moncong babi, mati setelah diamankan dari hasil penyelundupan di Pelabuhan Laut Merauke, Kamis (14/03) kemarin.

2.222 ekor sisanya sudah dititipkan di Stasiun Karantina Ikan Merauke. Setelah proses perlengkapan berkas perkara selesai terhadap tersangka penyeludupan, selanjutnya barang bukti akan dilepasliarkan ke habitatnya.

“Karena ini adalah barang bukti hidup dan pelakunya juga sudah ada, segera kita naikan ke Pengadilan dan lekas kita lepasliarkan,” jelas Kepala Stasiun Karantina Ikan Merauke, Nikmatul Rochman, Jumat (15/03).

Katanya, proses hukum tetap diberikan kepada pelaku karena mengambil komoditi yang dilindungi tanpa ada dokumen perijinan.

Ia menjelaskan, untuk di Merauke sendiri hanya ada satu perusahaan yaitu CV.Tunas Abadi Merauke yang diberikan ijin dan mengirimkan kuota kura-kura moncong babi keluar.

‘Kuota yang diberikan 10 ribu ekor untuk lima tahun. Itupun dari hasli penangkaran telur-telur yang sudah dikumpulkan. Lima ribu ekor harus dilepasliarkan di alam untuk menjaga kestabilannya di alam,” tandasnya.

Anda mungkin juga berminat