Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Layaknya Penyakit Lain, Pasien ODHA Harus Diberikan Layanan Yang Baik

0 76

Merauke, TN – Para pasien dengan HIV-AIDS atau ODHA harus diperlakukan dengan baik dan diberikan layanan kesehatan yang sama dengan pasien lainnya. Oleh karena itu pelayanan terhadap ODHA akan diupayakan dapat dilakukan bukan hanya terpusat di RSUD saja melainkan dapat dilayani di tingkat Puskesmas.

Kepala Seksi (Kasie) HIV AIDS Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr.Rindang Pribadi Marhaba mengatakan selama ini para ODHA hanya dapat memperoleh vaksin ARV melalui RSUD Merauke, namun kedepan akan di upayakan adanya pelayanan vaksin ARV di Puskesmas yang memiliki pasien ODHA.

“Dengan adanya pelayanan vaksin ARV di tingkat Puskesmas, dapat memberikan kemudahan terhadap pasien ODHA layaknya pasien lainnya,” terang dr.Rindang di Merauke, Jumat (05/07/19).

Mendukung hal tersebut, 40 tenaga medis di Merauke mengikuti pelatihan inisiasi dan terapi anti retroviral atau ARV bagi petugas, dokter, PJ HIV dan Apoteker di Kabupaten Merauke, terpusat di Nakoro.

Pelatihan ini bertujuan untuk memudahkan pelayanan kesehatan khususnya bagi orang dengan HIV-AIDS atau ODHA terutama masalah jangkauan.

Anda mungkin juga berminat