Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Launching Sistem Pajak Online, Wali Kota Sorong Berharap Pelaku Usaha Partisipasi Bangun Kota Sorong

0 71

Sorong, TN- Wali Kota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, MM, melaunching Sistem Pajak Online dan Penyerahaan SPPT-P2 tahun 2019, di aula Samusiret kantor Wali Kota Sorong, Kamis (23/5).

Hal ini guna melakukan akselarasi peningkatan mutu pelayanan yang diaplikasikan melalui pembayaran pajak daerah secara online.

Wali kota Lambert Jitmau, dalam arahannya menyampaikan, seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi informasi pemerintah kota Sorong menyikapi kondisi dengan melaunching sistem pajak online agar memudahkan masyarakat. Di mana para wajib pajak tidak perlu lagi bersusah payah mendatangi ke kantor pajak.

Acara yang digelar Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) kota Sorong ini, bertujuan untuk meraup sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sebanyak-banyaknya untuk menunjang pembangunan daerah.

Kegiatan yang dihadiri pengusaha hotel dan restauran serta para pelaku usaha lainnya di kota Sorong ini, diharapkan mampu menyumbang PAD melalui pajak daerah.

“Saya menghimbau kepada semua pemilik usaha hotel dan restoran serta pelaku-pelaku usaha yang ada di kota Sorong, harus proaktif untuk membangun kota ini, dengan cara tidak menunggak pajak terhadap pemerintah daerah,” ujar Wali kota Sorong, Lambert Jitmau, Kamis (23/5).

“Juga pembayaran retribusi harus tepat pada tempat yang tepat, supaya teratur dan mudah untuk dikontrol oleh dinas terkait,” tambahnya.

Wali Kota berharap seluruh pelaku usaha di kota Sorong, bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah, dalam bentuk pembayaran iuran dan pajak daerah sesuai peruntukannya.

Wali Kota mengatakan, sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak daerah dan Retribusi daerah, sehingga Pemkot telah mengeluarkan beberapa Peraturan Daerah (Perda) tentang pajak dan retribusi daerah.

“Pemda diberikan kewenangan untuk kelola keuangan daerahnya secara profesional dan mandiri. Pajak dan retribusi daerah memberikan kontribusi besar dalam Pendapatan Asli Daerah dan merupakan sumber dana bagi pemerintah daerah,” jelas Lambert Jitmau.

Anda mungkin juga berminat