Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Lapas Perempuan Berikan Kontribusi Positif Dalam Penegakan Hukum

0 214

Manokwari,TN- Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan meyakini, keberadaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Manokwari dapat memberikan warna dan kontribusi dalam proses penegakan hukum. Dalam hal penegalan hukum bagi masyarakat Kabupaten Manokwari dan secara umum Provinsi Papua Barat.

“Kami Pemerintah Provinsi Papua Barat mengapresiasi dan terus mendukung pembangunan gedung Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Manokwari,” Kata Gubernur, Dominggus Mandacan saat menghadiri acara peletakan batu pertama gedung LAPAS Kelas III Manokwari di Kampung Wasay, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, Jumat (6/9).

Berdirinya Lembaga Pemasyarakatan ini karena intervensi terhadap narapidana perempuan harus berbeda dengan laki-laki maupun anak-anak

“Dalam usianya yang masih muda, Lapas Perempuan Kelas III Manokwari telah memberikan sumbangsih dalam proses pembinaan warga binaan bagi warga binaan pemasyarakatan khususnya perempuan,” jelas Mandacan.

Lanjut Mandacan mengatakan, sehingga warga binaan sudah menjalani hukumannya dan kembali ke masyarakat dapat memberikan efek positif bagi lingkungan sekitarnya, sehingga program pembinaan dapat berjalan baik.

Menjadi harapan semua pihak bahwa dengan peletakan pertama Lapas Perempuan Kelas III ini akan disusul dengan relokasi warga binaan di Lapas sebelumnnya yang saat ini sudah over kapasitas.

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Papua Barat, Anthonius M. Ayorbaba,S.H.,M,Si mengatakan, survey awal pembangunan gedung lapas perempuan kelas III Manokwari pihaknya mengalami sejumlah kendala.

Namun karena konsultasi dan koordinasi dari antara Kanwil Papua Barat dengan Mentri Hukum dan HAM sehingga keputusan yang diambil, pembangunan gedung ini dilanjutkan.

“Kita sangat berharap dengan berbagai kendala yang kita hadapi bangunan ini bisa berdiri dan Lapas Kelas III Perempuan harus operasi pada tahun 2020 mendatang,”. Tegas Kakanwil Kemenkumham Papua Barat.

Kakanwil juga berharap dukungan Pemerntah Daerah Papua Barat untuk meembantu meratakan gunung disekitar gedung Lapas Perempuan Manokwari diratakan.

Anda mungkin juga berminat