Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Lambert Jitmau : Tingkat Partisipasi Pemilih Menurun, KPU dan Bawaslu Kurang Sosialisasi

0 50

Sorong, TN- Wali Kota Sorong, Drs. Lambert Jitmau, MM, sekakigus sebagai Pembina Politik di kota Sorong, mengaku prihatin dengan tingkat keterlibatan warga kota Sorong dalam menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 17 April 2019 lalu.

Pernyataan ini disampaikannya usai memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs di SMPN 9 kota Sorong, Selasa (23/4).

Lambert Jitmau, mengaku persentase kehadiran warga masyrakat sangat menurun untuk menyalurkan hak pilihnya, jika dibandingkan dengan Pemilu tahun 2014 lalu.

“Saya punya analisa sementara, mungkin kurang adanya sosialisasi dari KPU kota Sorong dan Bawaslu, karena masyarakat bisa datang kecuali masyarakat yang tinggal dekat dengan TPS, tapi kalau jauh mereka juga pikir-pikir lagi,” jelasnya.

Menurut Lambert Jitmau, salah satu faktor penyebab turunnya angka partisipasi pemilu adalah pemilih memilih golput, serta menurunya kepuasan masyarakat terhadap kinerja lembaga penyelenggara.

Sebagai pembina politik di kota Sorong, Lambert Jitmau, berharap setelah ini, KPU dan Bawaslu harus mengkaji dan mengevaluasi persoalan tingkat partisipasi warga masyarakat dalam menyalurkan hak mereka.

Anda mungkin juga berminat