Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Lagi, Warga Perbatasan NKRI- PNG Serahkan Senpi Ke TNI

0 688

Merauke, TN – Masyarakat kampung Kukumit Distrik Ulilin Kabupaten Merauke menyerahkan senjata api jenis Engkelop kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323 Buaya Putih Kostrad pada hari ini, Kamis (21/6) di Rawa – rawa dalam hutan di wilayah kampung Kukumit distrik Ulilin, Kabupaten Merauke, Papua.

Menurut Komandan Kompi Pos Kalimandom Satgas Yonif Raider 323 Kostrad, Kapten Inf Bambang Supriyanto, masyarakat berinisial PR (52), secara sukarela menyerahkan senjata api yang di simpanya sejak 20 tahun lalu sewaktu masih seringnya konflik didaerah perbatasan.

PR adalah masyarakat yang sering keluar masuk wilayah perbatasan RI-PNG melalui jalan tikus di Kampung Kukumit, ia merupakan warga indonesia yang masih memiliki keluarga di kampung Bosyet Negara PNG, sehingga  harus selalu melintasi Perbatasan tersebut.

“Saya selaku komandan Kompi Pos Kalimandom Satgas Yonif Raider 323 Kostrad, secara rutin melakukan Operasi Patok di Perbatasan dan juga melakukan pendekatan secara emosional kepada masyarakat yang sering melintas serta memberikan pemahaman tentang legalitas perlintasan kedua negara, termasuk tentang larangan kepemilikan senjata api  maupun senjata rakitan oleh warga sipil atau masyarakat,” kata Bambang Supriyanto.

Bambang menambahkan, penyerahan senjata api secara sukarela dari masyarakat ini merupakan yang ketiga kalinya semenjak Yonif Raider 323 Buaya Putih Kostrad, bertugas di wilayah kabupaten Merauke.

Sementara itu PR usai menyerahkan Senpi juga mengakui, dengan hadirnya Satgas Yonif Raider 323 di wilayah perbatasan, khususnya di kampung Kukumit menbuat warga merasa aman. Karena sangat membantu berbagai permasalahan yang terjadi selama ini di  wilayah perbatasn.(*)