Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kursus Bahasa Inggris Mengantarkan Jopi Dimalau Jadi Guide Lokal Di Raja Ampat

0 212

Waisai, TN- Jopi Dimalauw, pemuda kampung Saleo distrik Waigeo Barat Daratan, kabupaten Raja Ampat Papua Barat, mengisahkan dirinya diberi kesempatan oleh Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Raja Ampat memberi kesempatan kepadanya mengikuti kursus Bahasa Inggris di Pare Kediri Jawa Timur.

“Saya dikasi kursus bahasa inggris oleh HPI Raja Ampat selama dua bulan di kampung Pare Kediri, saya start bahasa inggrisnya dari nol, dan saya bersyukur di sana sangat bagus untuk latihan bahasa inggris,” ujar Jopi yang saat ini telah berprovesi sebagai seorang guide lokal di Raja Ampat.

Diakunya, sejak berada saat menjalani masa kursus, dirinya mempunyai kepercayaan diri yang tinggi, sehingga menjadi modal utama bagi dirinya untuk tetap belajar.

“Saya bersyukur, meskipun belum fasih berbicara inggris, namun untuk mengerti apa yang dibicarakan tamu asing, saya sudah bisa. Kalau bicara kata demi kata sedikit-sedikit saya bisa. Ya..semua itu karena ada kemauan saja,” tutur anak kampung Saleo Raja Ampat ini.

Dikatakan, atas kepedulian dan doronga HPI Raja Ampat terhadap putera dan puteri asli Raja Ampat untuk di didik menjadi serorang guide, membuat dirinya dari yang tidak tau menjadi tau.

“Jujur semua ini atas dorongan HPI Raja Ampat, saya dan beberapa teman dikasi kursus bahasa inggris di Kediri. Ya..saya harap tidak hanya saya saja dan atau dukungan dari HPI. Tapi cobalah pemerintah Raja Ampat juga memprogramkan hal seperti ini untuk putera dan puteri Raja Ampat yang lain, apalagi kedepan ini pariwisata di Raja Ampat semakin meningkat,” imbuhnya.

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia Raja Ampat, Ranni Iriani Tumundo, kepada teropongnews.com, mengaku pernah mengirim beberapa orang yang terdiri dari putera putera Raja Ampat untuk mengikuti kursus di Kediri.

“Intinya kami mendorong putra putri asal Raja Ampat untuk menjadi guide atau pemandu wisata di Raja Ampat, target kami dari HPI kedepan anak-anak Raja Ampat sendiri yang mengantar tamu wisatawan yang beekunjung ke Raja Ampat,” ungkap Ranni.

Anda mungkin juga berminat