Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kunker ke Pegaf, Presiden Jokowi Siap Bereskan Aspirasi Masyarakat

0 338

Manokwari,TN- Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat, Minggu (27/10).

Dalam kunjungan perdananya sejak dilantik sebagai Presiden RI dengan masa bakti 2019-2024, Presiden Jokowi didampingi ibu negara, Hj Iriana Joko Widodo, menggunakan helikopter milik Kepolisian mendarat di bandara Anggi minggu pagi dan menuju ke lapangan sepak bola Iriai distrik Anggi. Presiden dan ibu negara disambut meriah ribuan masyarakata Pegunungan Arfak.

Dalam tatap muka bersama di lapangan sepak bola Iriai, bupati Pegunungan Arfak, Yosias Saroi,S.H.,M.H mewakili masyarakatnya menyampaikan sejumlah aspirasi diantaranya, pekerjaan jalan Manokwari – Pegaf dan Mansel – Pegaf yang selama ini sudah dikerjakan namun belum diaspal kemudian jembatan serta infrastruktur lainnya.

Tujuannya untuk mendukung sektor pertanian, parawisata dan ekonomi pada negeri diatas awan itu, kemudian transporasi yakni pembangunan bandara, pemekaran kaampung serta distrik, peningkatan dana Jokowi (dana desa).

Permintaan percepatan proses pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) K2 yang selama ini belum ada kepastian.
Aspirasi masyarakat ini langsung direspon Presiden Joko Widodo.

Dihadapan masyarakat Pegaf, Presiden mengatakan sanggup untuk membereskan semu peemintaan, namun Presiden minta berikan waktu dua tahun untuk Ia menyelesaikan secara satu persatu.

“Saya akan selesaikan semua aspirasi yang diminta masyarakat Pegaf tapi berikan saya waktu dua tahun supaya bereskan satu persatu, tidak sekaligus,” ucap Jokowi disambut teriakan semangat ribuan masyarakat yang hadir di lapangan Sepak Bola Iriai Anggi itu.

Untuk menindaklanjuti janji Presiden RI pertama ke Pegaf itu, bupati Yosias Saroi diberikan petunjuk untuk menyiapkan proposal dan menyerahkan kepada kementrian terkait seperti PUPR, Perhubungan, Perdagangan dan Mendagri.

“Proposal sudah kami siapkan, saya akan serahkan kepada kementrian seperti petunjuk pak Presiden, muda-mudahan dapat direalisasi pada APBN tahun 2020 dan 2021,” sahut Saroi.

Selain ibu negara, kunjungan kerja Jokowi ini didampingi Mendagri, Tito Karnavian, Mentri PUPR, Basuki Hadimuljono, Menhub, Budi Karya Sumadi, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, Plt Kapolri, Komjen Ari Dono, Gubernur Papua Barat, Drs Domingus Mandacan bersama forkopimda.

Dalam kunjungan ini mantan Wali Kota Solo itu menyempatkan waktu untuk mengnjungi pasar mama-mama Papua di Kota Anggi.

Anda mungkin juga berminat