Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kuasai Rumah Dinas Kesehatan, Istri Mantan Anggota Dewan di Deadline Januari 2020

0 120

Aimas, TN – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sorong yang menguasai aset pemerintah tanpa hak, diberi batas waktu sampai dengan Januari 2020 untuk mengembalikan kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Jika yang bersangkutan keberatan atas peraturan itu, maka BPKAD akan menerbitkan Surat Kuasa Khusus (SKK) kepada Kejaksaan Negeri Sorong untuk penertiban aset melalui jalur hukum.

Demikian disampaikan Lazarus Osok, Kepala Bidang Aset BPKAD Kabupaten Sorong, menyikapi masih banyaknya aset pemerintah Kabupaten Sorong yang masih dikuasai oleh ASN tanpa hak. “Ini berlaku untuk seluruh jenis aset, baik kendaraan dinas maupun rumah dinas,” kata Lazarus kepada Teropongnews.com, Jumat (6/12/2019).

Batas waktu ini diberikan bukan hanya kepada ASN yang masih aktif di Pemkab Sorong, tapi juga ASN dan pejabat yang saat ini bertugas di daerah lain atau ASN yang sudah pensiun. Dijelaskan Lazarus, untuk aset rumah dinas, banyak pejabat dan ASN di luar Pemkab Sorong yang sampai saat ini masih menempati rumah dinas di komplek perumahan Pemda di KM 24.

“Dan mereka sudah berkomitmen minggu kedua Januari akan dikosongkan. Makanya, untuk ASN yang di Pemkab Sorong, saya harap Januari 2020 sudah mengosongkan rumah dinas yang bukan menjadi haknya,” tandas Lazarus.

Dorce Kalami S.Ip, Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Sorong. (Foto:Tantowi/TN)

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Keluarga Berencana, Pengendalian Penduduk dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Sorong, Dorce Kalami S.IP menyambut baik upaya penertiban aset yang dilakukan BPKAD.

“Seharusnya memang begitu. Diminta atau tidak, kalau memang sudah tidak berhak ya harus dikembalikan,” kata Dorce Kalami di kantornya.

Baca juga :https://www.teropongnews.com/rumah-dinas-kesehatan-dihuni-mantan-anggota-dewan-puskesmas-malawili-kekurangan-ruangan/

Hal ini disampaikan Dorce Kalami, terkait adanya pegawai di Dinas P2KBP3A yang masih menempati rumah dinas kesehatan yang ada di Puskesmas Malawili. Pegawai bernama Korsye Junita Silahooy S.Md ini, sebelumnya adalah tenaga kesehatan di Puskesmas Malawili.

“Tapi sudah mutasi ke sini (P2KBP3A), hampir bersamaan dengan saya menjabat. Sebagai pimpinan, nanti saya bantu bagian aset untuk komunikasikan dengan yang bersangkutan, agar mengembalikan rumah dinas itu. Kan sekarang sudah tidak berhak,” kata Dorce.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong, dr. Lidya Kurniawan mengaku sudah menyerahkan masalah penguasaan rumah dinas oleh istri mantan anggota DPRD Kabupaten Sorong tersebut kepada BPKAD. “Nanti bagian aset yang akan menertibkan,” tandas Lidya Kurniawan. **

Anda mungkin juga berminat