Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

KPUD Imbau Parpol Tidak Daftarkan Caleg Bermasalah

0 72

Sorong, TN – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kota Sorong, mengimbau Partai Politik (Parpol) tidak daftarkan Caleg bermasalah atau yang pernah tersandung kasus hukum.

“Kami mengimbau Parpol tidak daftarkan Bacaleg yang pernah terlibat kasus hukum. Hal itu sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) No. 20 tahun 2018,“ujar Devisi Perencanaan umum, keungan dan logistic KPUD kota Sorong, Daud A. Mobilala ,SE baru-baru ini.

Daud menjelaskan, Peraturan tersebut mengakomodasi pelarangan pencalonan bekas Narapidana (Napi) bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, dan korupsi.

Oleh karena itu, KPU minta Partai Politik peserta Pemilu 2019 harus lebih selektif, dan memperhatikan persyaratan calon legislatif sebelum mengajukannya ke KPU.

Sebelumnya KPU telah membuka pendaftaran bakal calon legislatif 2019, pada tanggal 4 sampai 17 Juli 2018. Namun hingga saat ini baru ada 2 Parpol yang mendaftarkan Bacalegnya, yakni partai Perindo dan Partai Hanura.

“Kami sangat mengharapkan dari parpol masing-masing untuk segera mendaftarkan Bacalegnya sebelum penutupan. Jika mendaftar pas penutupan, maka nanti tidak akan cukup waktunya untuk memperbaiki berkas-berkas yang mereka ajukan,”pungkasnya.