Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

KPUD Diminta Transparan Soal Anggota DPRD Terpilih Yang Berstatus ASN

0 120

Sorong, TN – Direktur LBH Gerimis, Yoseph Titirlolobi meminta transparansi KPU soal status Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masih melekat pada 11 anggota DPRD Kota Sorong terpilih.

Hal tersebut dikatan Yoseph setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, terkait adanya 11 anggota DPRD Kota Sorong terpilih, yang belum melepas statusnya sebagai ASN.

“11 nama ini, ada yang baru terpilih dan ada yang incumben, kami meminta KPUD kota Sorong untuk lebih transparan lagi. Dalam arti berkas-berkas yang dimiliki oleh 11 anggota DPRD terpilih yang belum mengundurkan diri dari ASN yang kami juga memiliki data segera diungkapkan, karena kami juga memiliki datanya,” Ujar Yoseph yang ditemui di ruang kerjanya, Minggu (1/9).

Karena belum mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ASN, Yoseph meyakini bahwa 11 oknum yang ia maksud tadi, masih menerima upah dari status mereka sebagai ASN.

“Kenapa kami meminta KPU terbuka soal ini, karena setau kami, hanya Oktovianus Bless dan Nelce Kalem yang mangundurkan diri dari status ASN mereka pada tahun 2018 lalu, dan itu sudah diakui oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN),”jelas Yoseph.

Menurutnya, KPU harus transparan sebelum dilakukanmya pelantikan, sebab kalau jika pihaknya melakukan penyelidikan dan bisa membuktikan laporan masyarakat  tentang anggota DPRD yang masih bestatus ASN, pihaknya akan membawa dugaan tersebut itu ranah hukum.

“Pelakunya tentunya bisa dijerat pasal 270 tentang pemalsuan dokumen dengan ancaman hukuman 2 tahun 8 bulan penjara, kami juga akan membawa dugaan tersebut ke ombusman dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP),”imbuhnya.

Menanggapi tudingan tersebut, Ketua KPU Kota Sorong, Roberth Jumame yang dihubungi via telepon seluler mengatakan bahwa semua Caleg yang akan memperebutkan kursi anggota DPRD Kota Sorong waktu itu sudah dinyatakan memenuhi syarat, termasuk 11 ASN yang dimaksud.

Roberth juga berani menegaskan bahwa tidak ada lagi anggota DPRD Kota Sorong terpilih yang masih berstatus ASN.

Dikatakannya, sebelum penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT), caleg-caleg yang mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kota Sorong, sudah dinyatakan memenuhi syarat.

“Termasuk 11 ASN yang dimaksud, semua sudah menyampaikan surat pengunduruan diri mereka. Berdasarkan hasil verifikasi, mereka dinyatakan memenuhi syarat, karena telah memenuhi surat pengunduran diri dari instansi yang berwenang dalam hal ini SK pemberhentian dari Gubernur,” jelas Roberth d

Anda mungkin juga berminat