Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

KPU Tetapkan 20 Anggota DPRD Teluk Bintuni Terpilih, NasDem 7 Kursi

0 279

Bintuni,TN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Teluk Bintuni menetapkan 20 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terpilih periode 2019-2024 dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu serentak tahun 2019 di Aula KPU, Senin (12/8).

Penetapan 20 anggota DPRD Teluk Bintuni terpilih ini pasca persidangan sengketa perselisihan hasil Pemilihan umum (PHPU) Pileg Kabupaten ini di Mahkama Konstitusi RI pekan lalu di Jakarta, dimana, 9 hakim konstitusi menolak gugatan yang diajukan partai gerindra terhadap KPU dan NasDem di dapil 3.

Ketua Komisi Pemilihan Umum(KPU) Teluk Bintuni, Heri Harius Salamahu mengatakan, rapat pleno ini merupakan tindaklanjut dari putusan MK tanggal 7 Agustus yang diteruskan KPU Pusat, Provinsi dan Kabpaten/Kota untuk menetapkan perolehan kursi Parpol dan penetapan calon DPRD Teluk Bintuni.

“Jadi, kami ajukan 7 hari dari sekarang, setelah ditetapkan maka waktunya 7 hari. Kami lagi menungu calon anggota DPRD yang belum mengajukan Laporan Harta Kekayaan dan KPU menungu sampai lengkap” Kata Heri Harius Salamahu.

Heri menegaskan bahwa kewenangan KPU sampai pada penetapan anggota DPRD terpilih sedangkan mekanisme proses pelantikan merupakan tugas pemerintah “bukan lagi kewenangan Komisi Pemilihan Umum(KPU),”tambahya.

Dari 20 anggota DPRD terpilih, Partai NasDem mengutus 7 kadernya yang tersebar pada 3 daerah pemilihan, yang lebih menarik lagi 6 orang OAP, perwakilan dari 7 suku wilayah adat di Teluk Bintuni, sedangkan hanya non OAP yang mewakili suku nusantara.

Berdasarkan surat keputusan KPU Teluk Bintuni, Dapil 1 mendapat kuota 11 kursi, Partai NasDem meraih 3 kursi diantara, Simon Dowansiba,S.E, Stevanus Balubun dan Nasarius Iba, disusul Golkar juga 3 kursi yaitu, Ir.Harlina Husein, Erwin Beddu Nawawi dan Markus Maboro.
Selanjutnya Partai Persatuan Pembanguan (PPP) 1 kursi, Yasmin Yasir, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) 1 Kursi, Yohanes Pongtuluran.S.Sos, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Dan Topan Sarungalo, Partai Demokrat 1 kursi, Timi Aneiri dan PAN, Yulis Malton Paramma.

Kemudian daerah pemilihan 2 mempunyai kuota 5 kursi, masih dipimpin Partai NasDem dengan perolehan 2 kursi masing-masing, Romilus Tatuta dan Andreas Nauri, partai Golkar hanya 1 kursi yaitu, Muhammad Tiakoly, Perindo 1 kursi, Sujono dan PPP 1 kursi, Hans Tatiorim.

Dapil 3 dengan jumlah kuota 4 kursi kembali didominasi Partai NasDem dengan mengutus 2 kadernya masing-masing, Sopia Regina Yerkohok dan Ruben Masakoda, disusul Golkar 1 kursi, Ayor Kosepa dan Perindo 1 kursi, Anthon Asmorom.

Anda mungkin juga berminat