Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

KPU Sulsel Kirim Puluhan Alat Bukti Ke MK

0 53

Makassar, TN – Alat bukti berupa 49 boks hasil rekapitulasi suara telah dikirim Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) ke Mahkamah Konstitusi (MK), Senin (10/6).

Ini dilakukan untuk memperkuat bukti KPU RI dalam sidang gugatan sengketa Pemilu 2019 yang dilayangkan kubu Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di MK yang dimulai hari ini.

Dokumen yang dikirim tersebut berupa berita acara hasil rekapitulasi di tingkat kelurahan yang berasal dari seluruh KPU di 24 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan.

“Ada juga formulir rekapitulasi DAA1, DA1 dan form rekapitulasi tingkat kabupaten/kota dan provinsi. Nah, jadi total seluruhnya itu, ada sekitar 49 boks yang kita kirim ke Jakarta kemarin,” ujar Humas KPU Sulsel, Asrar Marlang kepada wartawan, di kantor KPU Makassar, Selasa (11/6).

Alat bukti ini, kata dia,diajukan melalui kuasa hukum KPU RI. Memang, setiap KPU kabupaten/kota diminta untuk mengirimkan dua komisioner untuk hadir di sidang tersebut didampingi dengan beberapa staf. Dan itu sudah dilakukan KPU Sulsel.

Asrar mengaku, dokumen-dokumen sebagai alat bukti itu hanya bersifat umum, karena hanya memenuhi gugatan pertama. “Nantinya, jika ada perbaikan permohonan mereka itu, maka tetap akan kami antisipasi untuk memenuhi alat-alat bukti untuk dipersyaratkan,” jelasnya.

Alasan seluruh form DAA1 dan DA1 dijadikan sebagai alat bukti, karena dalam gugatannya, kubu BPN hanya mengajukan perbedaan jumlah surat suara, tetapi tidak menyebutkan beberapa lokasi lengkapnya.

Anda mungkin juga berminat