Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

KPU Merauke Selenggarakan Lomba Karya Maskot Dan Jingle Pilkada

0 167

Merauke, TN – Menyongsong pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten MeraukeTahun 2020 serta menumbuhkan dan mengangkat kearifan lokal sebagai upaya memperkaya kreasi sosialisasi, KPU Kabupaten Merauke menyelenggarakan Lomba Karya Maskot dan Jingle Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Merauke Tahun 2020.

Maskot adalah media suatu promosi yang wujudnya berupa karakter tokoh yang mewakili sesuatu atau perusahaan. Pengertian jingle adalah lagu singkat yang pada umumnya digunakan untuk iklan sebuah produk yang berguna untuk menarik perhatian penonton.

“Maksud Lomba Karya Maskot dan Jingle Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Merauke Tahun 2020 untuk menumbuhkan dan mengangkat kearifan lokal sebagai upaya memperkaya kreasi sosialisasi KPU Kabupaten Merauke dalam Pilu 2020,” ucap Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze, Rabu (06/11).

Adapun tujuan dari lomba diatas adalah mengajak masyarakat Kabupaten Merauke untuk menyemarakkan dan meramaikan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Merauke Tahun 2020. Menumbuhkan kesadaran dan menciptakan perilaku pemilih cerdas, meningkatkan partisipasi pemilih, dan mendorng kemajuan pemilihan umum.

Tema kegiatan ‘Memilih Pemimpin Yang Membangun dan Integritas.’ Syarat-syaratnya, pertama, ketentuan lomba:

  1. Lomba terbuka untukumum/perorangan/tim/group/kelompok.
  2. Peserta lomba melampikan fotocopy identitas diri.
  3. Peserta dapat mengikuti lomba maskot dan jingle.

Kedua, ketentuan lomba:

  1. Maskot dan Jingle harus dapat mengkomunikasikan dan memotivasi warga Kabupaten Merauke untuk ikut menyukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Merauke.
  2. Hasil karya pemenang menjadi hak milik KPU Kabupaten Merauke yang digunakan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Merauke Tahun 2020.
  3. KPU Kabupaten Merauke berhak merubah atau menyempurnakan karya pemenang sesuai kebutuhan.
  4. Semua karya yang diikut sertakan dalam lomba harus asli, belum pernah diikut sertakan dalam lomba serupa dan belum pernah dipublikasikan
  5. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

Ketiga, Ketentuan khusus lomba maskot:

  1. Setiap Peserta.
  2. Perancangan maskot mengacu pada nilai/identitas lokal Kabupaten Merauke dan memiliki nilai filosofis dan hanya dapat mengirim 1 (satu) karya.
  3. Karakter Maskot dapat menunjukan sifat dan sikap gembira, semangat dan mengacu pada tema utama yaitu Mmilih Pemimpin Yang Membangun dan Integritas.
  4. Diarahakan dan mencantukan logo KPU dan tulisan “KPU Kabupaten Merauke pada perancangan Maskot.
  5. Karakter Maskot diberi nama/sebutan/panggilan sesuai dengan Nilai Lokal Kabupaten Merauke.
  6. Karya Maskot mudah diaplikasikan dalam bentuk teknik cetak dan media.
  7. Karya Maskot bersifat Netral dan tidak mengandung Isu SARA.

Keempat, ketentuan teknis lomba maskot:

  1. Karya dapat menggunakan Teknik Manual maupun Digital.
  2. Karya dibuat dalam ukurang bidang 21×30 cm (A4).
  3. Karya dikirim dalam bentuk Hardcopy (print kertas, full color A4) dan Softcopy (ekstensi PNG disimpan dalam flasdisk).
  4. Karya wajib diberikan deskripsi singkat tentang konsep perancangan Maskot.
  5. Identitas peserta lomba dicantumkan pada karya desain dan deskripsi karya.
  6. Karya dikirimkan dalam amplop coklat ke Kantor KPU Kabupaten Merauke, Jalan Ahmad Yani Merauke dengan menuliskan LOMBA MASKOT 2020 pada pojok kiri atas amplop .

Kelima, Ketentuan khusus lomba jingle:

  1. Setiap peserta hanya dapat mengirim 1 (satu) karya.
  2. Jingle dapat dinyantikan solo maupun koor.
  3. Durasi minimal 1 menit dan maksimal 3 menit dengan diiringi minimal 1 alat music.
  4. Memasukan kata-kata Tema ke dalam Lirik.
  5. Melodi dan lirik belum pernah dipublikasikan secara komersil.
  6. Sertakan deskripsi singkat tentang konsep atau ide Jingle.
  7. Karya Jingle harus bersifat Netral dan tidak mengandung unsur SARA.
  8. Karya dikirim dalam bentuk notasi dan lirik yang dicetak di kerta ukuran A4 serta sample rekaman jingle dalam bentuk File dengan format MP3, dimasukkan ke dalam amplop coklat ke Kantor KPU Kabupaten Merauke, Jalan Ahmad Yani No. Merauke, dengan menuliskan LOMBA MASKOT 2020 pada pojok kiri atas amplop VII.

Ketua KPU, Theresia mengatakan, pendaftaran dan penyerahan karya lomba dibuka mulai tanggal 06 November-28 November 2019 jam 09.00-16.00 WIT di Kantor KPU Merauke. Selanjutnya, penetapan pemenang akan diumumkan pada tanggal 30 November 2019.

Peserta Lomba Karya Maskot dan Jingle akan memperebutkan total hadiah Rp. 20.000.000,- KETENTUAN LAIN Untuk Informasi lengkap dan formulir pendaftaran serta surat pernyataan dapat diminta di Kantor KPU Kabupaten Merauke, E-mail: kpukabmerauke19@amail.com

Anda mungkin juga berminat