Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

KPU Merauke Mulai Buka Pendaftaran Anggota PPD

0 50

Merauke, TN – KPU Merauke akan melakukan pembentukan PPD (Panitia Pemilihan Distrik), PPS (Panitia Pemungutan Suara), KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), dan PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih). Waktu pendaftaran berbeda-beda, diawali pendaftaran untuk PPD. Sesuai jadwalnya, Rabu (15/01) KPU mengumumkan pendaftaran sampai 14 Februari 2020.

Pendaftaran bisa dilakukan di masing-masing distrik kecuali Distrik Merauke dan Semangga, dapat dilakukan pendaftaran langsung ke KPU Merauke.

“Perbedaan ini dilihat dari jangkauan agar lebih mudah bagi pendaftar,” jelas Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze, Rabu (15/01).

Katanya, masing-masing distrik dibutuhkan lima anggota PPD kali 20 distrik sehingga totalnya yang dibutuhkan 100 orang. Sementara untuk PPS membutuhkan tiga orang kali 179 kampung dan 11 kelurahan sehingga dibutuhkan 570 orang.

Untuk PPS pendaftarannya akan dimulai tanggal 15 Februari 2020 setelah PPD. Ia mengatakan, jumlah TPS pada Pilkada tahun ini dirampingkan menjadi 465 dari 479 TPS pada Pemilu lalu, dengan maksimal pemilih 300 orang per TPS.

Seleksi yang dilakukan menggunakan dua metode, ada seleksi terbuka untuk umum dan penunjukan/pengangkatan. Ketika pendaftar belum memenuhi kuota maka waktu pendaftaran akan diperpanjang.

“Dan apabila masih belum memenuhi kuota maka kita akan melakukan penunjukan atau pengangkatan melalui evaluasi anggota pada Pemilu yang lalu, dengan melihat kinerjanya,” tambah Theresia.

Hal di atas berdasarkan SK KPU RI nomor 12 dengan persyaratan minimal SMA/sederajat, pahami Pemilu, tidak terlibat dalam partai politik, politik praktis, tidak menjadi tim sukses, dan maksimal pernah bekerja selama dua periode Pemilu.

Anda mungkin juga berminat