Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

KPU Merauke Gelar Sosialisasi Terkait Dokumen Syarat Dukungan Bagi Calon Perseorangan

0 104

Merauke, TN – KPU Merauke melakukan sosialisasi tentang dokumen syarat dukungan kepada calon perseorang dan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung oleh gabungan partai politik di Kabupaten Merauke.

Sebelumnya, pada tanggal 26 Oktober lalu, telah dilakukan penetapan syarat jumlah dukungan minimum dan persebaran bagi pasangan calon perseorangan yang akan bertarung pada Pemilu Kada 2020.

“Hari ini kami KPU melakukan sosialisasi bagi mereka yang maju sebagai kandidat melalui jalur perseorangan atau independen, terkait dokumen dukungan. Karena dokumen dukungan harus diserahkan ke KPU,” jelas Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze, Kamis (31/10) di Swiss-Belhotel Merauke.

Dokumen syarat dukungan itu terdiri dari surat pernyataan dukungan, KTP Elektronik dan rekapitulasi yang harus disiapkan sebelum batas penyerahan dokumen dukungan sejak tanggal 11 Desember 2019 sampai tanggal 5 Maret 2020.

Selanjutnya, dokumen tersebut akan diteliti kembali oleh pihak KPU mengenai syarat dukungan, jumlah minimum dan persebarannya. Apabila memenuhi syarat, maka dibuatkan berita acara dan tanda terima serta penerbitan putusan penetapan bagi pasangan calon perseorangan tersebut.

Ketua KPU menjelaskan, ketika dokumen syarat dukungannya belum memenuhi jumlah minimum sebanyak 14.853 atau persebarannya belum tersebar di 11 distrik, maka akan kembalikan dokumennya dengan berita acara serta menerbitkan putusan KPU bahwa dokumen belum memenuhi syarat.

“Kemudian yang belum memenuhi syarat kami kembalikan, dan bagi pasangan perseorangan bisa melengkapi atau memperbaiki yang belum dan yang kurang lengkap. Dengan masa perbaikan adalah selama masa penyerahan dokumen dukungan,” terangnya.

Terkait hal ini, para calon perseorangan diingatkan harus teliti dan menyiapkan dengan baik dan lengkap apa saja yang menjadi persyaratan yang dibutuhkan sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Anda mungkin juga berminat