Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

KPK Ingatkan Kepala Daerah Di Maluku Untuk Tidak Korupsi

0 73

Ambon, TN – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata mengingatkan seluruh Kepala Daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota di Maluku untuk tidak korupsi.

“KPK memiliki kepentingan untuk mendorong optimalisasi pendapatan daerah dan penataan aset daerah, karena dari dua hal inilah yang menjadi titik lemah terjadinya korupsi,” kata dia kepada wartawan, di Ambon, Jumat (25/10).

Menurut Marwata, dibeberapa daerah yang diasistensi oleh KPK dengan penerapan sistem, hasilnya terjadi kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga 100 persen, ini berarti ada potensi pendapatan penerimaan daerah.

“Ini yang kami coba, agar peluang terjadinya korupsi, dan potensi penerimaan daerah yang seharusnya masuk ke kas daerah bisa dikumpulkan dan tidak dinikmati oleh oknum-oknum,” ungkap Marwata.

Dari kajian KPK, kata dia, banyak sekali aset daerah yang belum bersertifikat dan ada penyalahgunaannya. Marwata mencontohkan, aset daerah yang dikerjasamakan dengan pihak swasta tetapi pendapatannya tidak masuk kas daerah selain itu aset daerah yang sertifikatnya masih diatasnamakan oleh pejabat, adapula aset daerah yang tidak jelas dimana lokasinya meskipun tercatat dalam catatan laporan keuangan daerah.

“Ini potensi daerah akan kehilangan manfaat, juga kehilangan aset daerah terutama tanah dan bangunan,” jelas Marwata.

Terkait dengan potensi penerimaan daerah yang ada di Provinsi dan Kabupaten/Kota di Maluku, dia menyatakan, pihaknya akan mendorong dan membantu pemerintah daerah untuk mencegah terjadinya korupsi.

“Kalau kita dapat mencegah terjadinya korupsi di awal, maka itu lebih baik,” terang Marwata.

Anda mungkin juga berminat