Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kota Ternate Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara Kota Sehat Tahun 2019

0 57

Ternate, TN – Wali Kota Ternate, H. Burhan Abdurahman, menerima Penghargaan Swasti Saba Wistara Kota Sehat Tahun 2019. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, di Sasana Bhakti Praja Gedung Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Selasa (19/11).

Wali Kota didampingi Ketua Forum Kota Sehat Kota Ternate H. Barham H. Dayan dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate dr. Fatiyah Suma, M.Kes. Penghargaan Swasti Saba Wistara Kota Sehat sendiri merupakan program kerjasama antara Kementrian Dalam Negeri RI dengan Kementerian Kesehatan RI.

Kepala Bagian Kehumasan Setda Kota Ternate, M. Syaiful Arsyad mengatakan, penghargaan Swasti Saba Wistara yang dicapai Pemkot Ternate merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam mewujudkan Ternate sebagai kota sehat. “Penghargaan ini merupakan kerja keras semua pihak baik pemerintah di tingkat kelurahan, kecamatan, OPD serta dukungan seluruh masyarakat Kota Ternate,” kata dia saat menggelar konferensi pers, di ruang kerjanya, Rabu (20/11.

Penghargaan ini juga tentunya tidak terlepas dari bimbingan di bawah kepemimpinan Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, sehingga Kota Ternate meraih penghargaan Nasional Swasti Saba Wistara tahun ini.

Swasti Saba atau penyelenggaraan kabupaten/kota sehat ini bukan perlombaan, tapi lebih kepada proses kolaborasi dan sinkronisasi antara program-program Pemerintah dengan partisipasi masyarakat.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Daerah Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, yang juga Pembina Forum Kota Sehat Kota Ternate juga menyampaikan, penghargaan ini adalah sebuah langkah maju bagi Kota Ternate terkait dengan menata wajah kota.

“Perjuangan yang sesungguhnya adalah bagaimana mempertahankan apa yang sudah ada, bukan meraihnya melainkan mempertahankannya,” kata dia.

Penghargaan ini, menurut Sekda, menunjukkan jika Ternate layak untuk menerima penghargaan karena dari enam tatanan yang dinilai untuk meraih Swasti Saba Wistara telah dipandang memenuhi syarat penilaian.

“Keenam tatanan tersebut adalah kawasan pemukiman, sarana dan prasarana sehat, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat,” tandas dia.

Anda mungkin juga berminat