Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kondisi Pelabuhan Di Pasar Ternate Memprihatinkan, Pemkot “Tutup Mata”

0 31

Ternate, TN – Aktivitas di Pelabuhan maupun Pasar Sayur di belakang Pasar Higienis Ternate, Maluku Utara terganggu, lantaran kondisi pelabuhan sungguh sangat memprihatinkan. Anehnya, kondisi ini sudah berlangsung lama, namun Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate seakan-akan “menutup mata” melihat kondisi ini.

Bayangkan saja, sebagian besar lantai yang terbuat dari papan sudah terlihat lapuk dan mudah ambruk. Bahkan, ada beberapa papan sudah terlihat berlubang, dan copot.

Padahal, pelabuhan ini sangat dibutuhkan, lantaran beberapa kapal ikan dan kapal dari lingkungan Itokici, Tidore Timur, Kota Tidore Kepulauan, yang membawa hasil pertanian dari Tidore masuk melalui jalur ini, selain Pelabuhan Pangkalan Bastiong Ternate yang terletak di arah selatan sebagai lokasi lain.

Sebenarnya, kerusakan yang terjadi di pelabuhan ini, pernah ditinjau oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate. Sayangnya, mereka hanya datang melihat, tetapi tidak bisa berbuat banyak.

“Waktu meninjau, mereka bahkan sudah berjanji kepada pedagang untuk memperbaiki. Namun itu hanya janji semata, yang tidak pernah terealisasi,” kata Muhnir (38), salah satu pedagang sayur di sekitar pelabuhan itu, kepada Teropongnews.com, Jumat (21/6).

DKP Kota Ternate, kata dia, bukan baru sekaki meninjau lokasi itu, namun sudah berulang kali pada tahun 2018 lalu.

“Saat mereka meninjau, kami sudah menyarankan kepada mereka untuk menganti papan-papan ini, dan mereka sudah mengiyakan,” kata Muhnir.

Untuk itu, dia berharap, adanya campur tangan pemerintah, terhadap kondisi pelabuhan tersebut.

“Lokasi ini menjadi jalur masuk segala kebutuhan pokok masyarakat dari wilayah penyangga di Tidore,” tandas Muhnir.

Anda mungkin juga berminat