Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Komisi IV DPR-RI Serahkan Puluhan Alsintan Kepada Kelompok Petani Merauke

0 19

Merauke,TN- Anggota Komisi IV DPR-RI, H.Sulaiman L.Hamzah (Fraksi NasDem) Dapil Papua, menyerahan puluhan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) bagi kelompok tani di Merauke.

Peralatan tersebut diantaranya, pompa air sebanyak 39 unit, traktor roda dua 10 unit, handspryer 49 unit dan traktor roda empat/jonder sebanyak empat unit.

“Ini merupakan hasil aspirasi dari masyarakat di tahun 2018. Membuktikan bahwa apa yang sudah beliau janjikan kepada para petani ditepati hari ini,” jelas Tenaga Ahli Anggota Komisi IV DPR-RI H.Sulaiman L.Hamzah, Fauzun Nihayah, S. HI,MH dalam laporannya di UPT Dinas Pertanian Merauke, Kamis (17/01).

Dikatakan, untuk mendapatkan bantuan tersebut bukan hal yang mudah, butuh perjuangan. Lanjutnya, Kabupaten Merauke mendapat kekhususan mendaptkan bantuan alsintan terbanyak, karena Presiden Jokowi telah mencanangkan sebagi daerah Lumbung Pangan Nasional.

Sementara Kepala UPT Pertanian Kabupaten Merauke, Harno mewakili kepala Dinas Pertanian menyampaikan dinas dan para petani merasa terbantu atas bantuan alsintan yang dibagikan melalui Komisi IV DPR-RI.

Menurutnya, persoalan yang masih dihadapi petani pada saat musim hujan seperti sekarang ini, petani masih kesulitan untuk mengeringkan gabah, sehingga sangat membutuhkan penambahan alat pengeringan padi.

Lanjut Harno, jika proses pengeringan padi tidak dilakukan secara baik maka akan berpengaruh pada produksi beras yang turut mempengaruhi harga jual.

“Hasil panen yang luar biasa ini jangan sampai mubasir karena faktor cuaca. Lalu harga beras kurang menguntungkan bagi petani,” ucapnya.

Kesempatan yang sama H.Sulaiman yang dijuluki sebagai bapak petani di Merauke dalam arahannya mengatakan, Alsintan ini adalah bantuan berdasarkan aspirasi masyarakat tahun 2018 harus dijaga dan dimanfaatkan sesuai peruntukannya secara kelompok.

Ia menerima masukan permintaan penambahan mesin pengering padi untuk petani Merauke. Dikatakan, usulan dinas untuk alat pengering akan dikawal Komisi IV.

“Saya minta harus ada surat resmi dari Dinas Pertanian untuk membenarkan kalau alat ini dibutuhkan disini,” pungkas Anggota Komisi IV DPR-RI.

Anda mungkin juga berminat