Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Komisi II DPR RI Telah Rampungkan Pembahasan 314 DOB Persiapan, Maluku Sebanyak 13

0 1.572

Ambon, TN – Seluruh usulan tentang Daerah Otonom Baru (DOB) persiapan diberbagai wilayah di Indonesia berjumlah 314 termasuk Provinsi Maluku yang berjumlah 13 DOB persiapan yang dirumuskan ke dalam RPP Desartada telah selesai dibahas dan dirampungkan oleh Komisi II DPR RI.

“Termasuk saya sebagai Kapoksi keterwakilan dari Maluku sejak tahun 2017 lalu. Pembahasan ini sesuai dengan ketentuan Undang-Undang (UU) Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Pernyataan saya ini, sekedar untuk meluruskan informasi yang simpang siur hari ini (kemarin), terkait dengan pemberitaan DOB persiapan yang tengah berkembang di masyarakat,” kata Anggota Komisi II DPR RI, Rohani Vanath seperti yang dikutip Teropongnews.com, lewat akun Facebooknya, Minggu (23/6).

Menurut dia, seluruh hasil pembahasan dan harmonisasi tentang DOB persiapan yang telah dibahas dan disetujui oleh Komisi II DPR RI, dan diserahkan kepada pemerintah untuk ditindaklanjuti dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) yang nantinya mengatur secara teknis dsn spesifik tentang pemekaran.

Sebab, kata Rohani, sesuai dengan perintah UU, pemerintah harus menerbitkan PP sbgi turunannya. Dikatakan, pihaknya sementara menunggu langkah Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) untuk menandatangani PP terkait dengan DOB Persiapan tersebut.

“Komisi II dalam posisi menanti diterbitkannya PP oleh pemerintah. Kenapa? Karena PP itu akan menjadi dasar hukum pembahasan lanjutan mengenai penentuan kriteria dn standart kelayakan pemekaran sebuah daerah. Demikian alur prosedur pembahasan DOB persiapan untuk kita pahami bersama. Jadi, sampai hari ini belum ada jadwal dan agenda secara resmi dari Komisi II DPR RI dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk membahas lebih lanjut terkait DOB persiapan,” kata Rohani.

DPR RI, kata Rohani, terus berupaya mendesak pemerintah agar PP tersebut segera diterbitkan, untuk menjawab seluruh tuntutan dan aspirasi publik yang berkembang terutama di Maluku.

Anda mungkin juga berminat