Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

KNPI Tidore Beri Bantuan Masker Bagi Korban Polusi PLTU

0 21

Tidore, TN – Kejadian yang menimpa warga di Kelurahan Rum Balibunga, Kecamatan Kota Tidore Utara, Maluku Utara akibat polusi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tidore dengan aktivitas pembongkaran dan pengolahan batu bara, membuat sejumlah elemen masyarakat prihatin.

Salah satunya datang dari Dewan Pengurus Daerah dan Dewan Pengurus Kecamatan, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tidore, dengan membagikan ratusan masker ke warga setempat.

Bantuan tersebut diserahkan langsung ke warga yang terkena dampak debu residu fly ash batubara dari proyek PLTU Tidore, Kamis (17/1).

Ketua DPD KNPI Kota Tidore Kepulauan, Zulkifli Launa mengatakan, bantuan masker yang diberikan pihaknya, sebagai bentuk kepedulian terhadap warga yang bermukim di sekitar PLTU.

“Bantuan ini murni dari KNPI Tidore sendiri. Niatnya untuk memperlancar aktivitas mereka sehari-hari. Karena hampir setiap hari debu masuk di rumah-rumah mereka,” katanya.

Menurut dia, jumlah masker yang diberikan sebanyak 15 dos. Satu dos berisikan 50 lembar. Ditargetkan warga yang bermukim di RT 05 dengan jumlah sekira 300 orang itu, bisa menerima bantuan tersebut.

Warga Kelurahan Rum Balibunga mengaku bersyukur atas bantuan tersebut. Apalagi, KNPI juga bertekad memberi bantuan berupa pikiran dan waktu untuk mempercepat tuntutan warga yang berkeinginan di relokasi.

Sementara, Ketua RW 02, Kelurahan Rum Balibunga, Kahar Usman mengaku, tebaran debu batubara nyaris memasuki rumah warga setiap hari. “Debu menghinggap di atas lantai rumah, kasur, hingga perabot rumah,” katanya.

Anda mungkin juga berminat