Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kenalkan “SI PRAJA” Maskot Pemilukada Raja Ampat 2020

0 292

Waisai, TN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Raja Ampat baru saja meresmikan maskot untuk pelaksanaan Pemilukada Raja Ampat tahun 2020. Hal ini sebagaimana disampaikan ketua KPU Raja Ampat, Steven Eibe di aula kantor KPU Raja Ampat, Selasa (19/11).

Dijelaskan, maskot Pemilukada kali ini adalah seekor penyu dimana pada Pemilukada sebelumnya adalah lumba-lumba. Menurutnya, karakter penyu yang digunakan karena penyu termasuk hewan khas Raja Ampat selain lumba-lumba dan pari manta. Dan maksud nama SI PRAJA adalah akronim dari Siap Ikuti Pemilu Raja Ampat.

“Penyu ini termasuk satwa khas Raja Ampat yang juga memiliki hubungan budaya dan karakter orang Raja Ampat,” ujar Steven.

Diuraikannya, mahkota emas berpuncak empat bermakna gugusan pulau-pulau yang ada di Raja Ampat dengan 4 pulau besarnya.

Dibagian bawah mahkota ini didukung dengan mahkota bulu Kasuari yang bermakna bentuk dukungan masyarakat Raja Ampat terhadap kerja KPU.

Surat undangan yang dipamerkan bermakna ajakan langsung kepada masyarakat Raja Ampat untuk berpartisipasi dalam pemilu. Kemudian kotak suara bermakna KPU melindungi hak kebebasan masyarakat memberikan suara.

Rok rumbai yang dikenakan sang penyu dengan jumlah 17 helai bermakna pakaian adat yang melambangkan usia 17 tahun Raja Ampat.

“Serta warna oranye secara keseluruhan adalah ciri khas KPU, lalu warna cangkang biru bermakna biru kabupaten bahari Raja Ampat,” urai Steven Eibe

Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati turut menyampaikan komentarnya. Menurutnya, pilihan KPU untuk menggunakan karakter penyu sangat tepat, karena penyu melambangkan hewan membawa kemakmuran karena sekali bertelur dapat berjumlah sangat banyak dan juga secara alami memiliki usia yang panjang.

“Pilihan karakter penyu untuk pemilukada kali ini menurut saya sangat tepat. Kalau orang tionghoa sebutnya, fengshui-nya bagus,” ujar AFU disambut tepuk tangan peserta kegiatan sosialisasi tahapan KPU Raja Ampat.

Anda mungkin juga berminat