Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kemungkinan, Target PNBP Bandara Mopah 2019 Hanya Mencapai Delapan Miliar

0 25

Merauke, TN – Target Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)  di Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas I Mopah Merauke tahun 2019 dimungkinkan hanya mencapai delapan miliar dari target 10 miliar. Alasannya, terjadi pengurangan penerbangan rute Merauke dari pihak maskapai.

Padahal penerimaan tersebut akan didapat setiap kali pesawat masuk, sehingga ada pemasukan untuk Bandara Mopah.

“PNBP tahun 2019 targetnya 10 miliar, kelihatannya tidak tercapai, paling hanya 8 miliar saja,” ujar Kepala UPBU Kelas I Mopah, Agus Irianto, saat dijumpai wartawan di kantornya, Rabu (12/06/19).

Lanjut Kepala Bandar, saat ini pesawat boing yang melayani rute ke Merauke hanya Batik Air, Lion Air, dan Garuda Airlines. Kemudian, pesawat perintis Susy Air untuk ke pedalaman.

Dari tahun 2018 terjadi banyak penurunan.

Kemungkinan, menurutnya, alasan maskapai tidak terbang lagi ke Merauke, lantaran pasarnya semakin berkurang. Faktor lain,  pihak manajemen maskapai menilai dari segi bisnis tidak menguntungkan, sehingga lebih memilih rute ke daerah lain.

Kemungkinan lain, Merauke ini bukan daerah transit, karena letak wilayah paling ujung. Dilihat dari eskalasi penumpang, peningkatan hanya terjadi saat hari raya, itupun tidak terlalu signifikan, setelah itu kembali normal.

“Kalau hari-hari biasa, untuk penumpang sekitar tiga ratusan. Dimana, ada maskapai yang membawa 130 penumpang dan ada pula yang hanya membawa 50 penumpang,” tandasnya

Anda mungkin juga berminat