Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kembang Api Tutup Festival Pesona Misool 2019

0 136

Waisai, TN – Perhelatan Festival Pesona Misool yang dilaksanakan sejak 23 November hingga 25 November 2019 ini berlangsung meriah. Kemeriahan tersebut ditutup oleh Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati dilapangan kampung Harapan Jaya, distrik Misool Selatan, Senin (25/11) sore.

Berbagai atraksi menarik yang dimulai dengan pameran budaya, adat istiadat, hingga kuliner khas Misool, lalu dilanjutkan dengan menikmati keindahan alam yang spektakuler nan indah melengkapi Festival Misool perdana ini yang dilaksanakan di distrik Misool Selatan. Hal ini diungkapkan langsung oleh AFU pada sambutan penutupnya.

Menurutnya, dampak positif Festival Pesona Misool ini, diantaranya adalah peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, juga peningkatan pelaku industri wisata lokal, baik homestay maupun guide dan mama-mama yang menyajikan panganan lokal khas Misool, baik yang berupa kuliner khas rumah tangga ataupun buah tangan bagi wisatawan. Sehingga, inilah yang diharapkan dari pariwisata sebagai sektor yang telah diprioritaskan, baik pembangunan nasional maupun daerah.

“Karena dengan memanfaatkan potensi alam dan kearifan lokal dalam pariwisata, memiliki dampak langsung terhadap masyarakat, yang secara khusus kita harapkan adalah pertumbuhan ekonomi keluarga,” ujar AFU

Ia pun secara khusus mengucapkan terima kasih kepada panitia, sponsor, masyarakat Misool, khususnya kampung Harapan Jaya yang telah bekerja keras dalam menyemarakkan perayaan Festival Pesona Misool yang pertama ini. Perayaan yang telah berhasil mendekatkan pemerintah kepada masyarakat, sehingga untuk festival yang akan dilaksanakan tahun 2020 nanti, menurutnya harus lebih meriah.

“Dari festival perdana ini saja , telah terjadi perputaran uang di misool selatan mencapai hampir 200 juta rupiah. Akan kita maksimalkan bersama tahun 2020 nanti, sehingga komunikasi dan koordinasi perlu ditingkatkan. Lalu untuk tempatnya, sementara menurut saya tidak perlu dirubah, masih di kampung Harapan Jaya ini,” ujar AFU yang disambut tepuk tangan meriah masyarakat.

Setelah menutup secara resmi melalui pemukulan tambur didampingi Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Papua Barat, Yusak Wabia juga bersama Forkopimda kabupaten Raja Ampat yang hadir, Bupati bersama tamu undangan menikmati pesta kembang api yang dilanjutkan dengan hiburan rakyat dari seluruh masyarakat se-Misool raya.

Anda mungkin juga berminat