Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kembali ke NKRI, Bupati Penuhi Permintaan Mantan Anggota KKSB

0 83

Jayapura, TN- Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda memberi dukungan kepada mantan anggota KKSB Telengga Gire alias Weginus yang anak buah Goliath Tabuni yang telah menyatakan diri kembali ke Pangkuan NKRI. Bentuk dukungan tersebut sebagaimana permintaan yang bersangkutan.

“Jadi yang kita berikan adalah apa yang dibutuhkan sebagaimana permintaannya,’ kata Yuni Wonda kepada wartawan usai penyerahan senjata bersama amunisi dari mantan anggota KKSB Telengga Gire kepada TNI di Mako Pangdam XVII/Cenderawasih, Jumat (21/6).

Adapun permintaannya, kata Bupati, yang bersangkutan meminta kelayakan hidup sebagaimana warga masyarakat biasanya, dimana ia menginginkan di angkat sebagai perangkat desa atau kepala kampung.

Selanjutnya kata Yuni Wonda, Telengga meminta pemerintah untuk mendirikannya rumah  dan sebuah kendaraan roda dua. “ Jadi permintaan ini kan tentu ada alasannya, karena yang bersangkutan ini istrinya empat, dengan demikian tentu untuk menghidupi keluarganya semua bergantung kepadanya,” kata Bupati.


Sehingga selaku kepala daerah, Bupati mengatakan, permintaannya tersebut akan dipenuhi itupun telah dikoordinasikan dengan Kapolres dan Dandim. “Jadi kami akan mengangkatnya sebagai kepala kampung, itu sudah pernyataan saya bahkan SK nya sudah saya siapkan, tinggal tunggu penyerahan,” katanya.

Soal permintaan rumah, lanjut Yuni juga telah di persiapkan, rencananya dalam 5 bulan kedepan dan demikian juga untuk kendaraan akan disiapkan.

Meski demikian, sambung Yuni apa yang akan diberikan belum tentu menjadi jawaban, sebab manusia itu dinamis, sehingga pemerintah daerah bersama dengan TNI/Polri di Kabupaten Puncak Jaya akan terus melakukan pendekatan baik secara persuasif dan kekeluargaan.

“Intinya kita terus melakukan pendekatan, bukan secara emosional tapi kita lakukan secara persuasif dan kekeluargaan,” katanya.

Sebelumnya, 11 Mey 2019  Telengga Gire alias Weginus, Piningga Gire, Tekile Tabuni dan Perengga resmi menyatakan diri kembali ke pangkuan NKRI. proses pengembalian mantan anggota KKSB dari kelompok Goliath Tabuni ini berlangsung di Lapangan Upacara Roh Kudus jalan Papua Distrik Pagaleme Kabupaten Puncak Jaya.

Anda mungkin juga berminat