Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kekayaan Intelektual Orang Papua Mempunyai Prospek Nilai Ekonomi Yang Tinggi

0 34

Sorong,TN- Ekosistem Ekonomi Kreatif Papua Barat diharapkan dapat lebih ditingkatkan lagi.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani, SH, M.Si saat membuka Road Show Multi Event layanan hukum ekonomi kreatif di Papua Barat, yang berlangsung di Aula Samu Siret, Sabtu (16/3).

Dikatakan, sektor ekonomi kreatif menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi Papua Barat. Hal ini karena dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Papua barat sangat mendukung sektor ekonomi kreatif, karena di papua barat kaya akan nilai budaya. Sebagai sumber industri kreatif merupakan hasil refleksi kreativitas dan intelektual masyarakat asli papua,” ungkapnya.

Lanjutnya, ada keragaman budaya di Papua Barat yang mencerminkan kreativitas yang luar biasa besar dari masyarakat.

Kreatifitas ini harus dimanfaatkan dan diberdayakan sehingga pada gilirannya akan memberikan manfaat yang tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat khususnya orang asli papua.

Ditambahkannya, kekayaan intelektual orang asli papua mempunyai prospek nilai ekonomis yang tinggi, hal ini belum dilaksanakan secara optimal atau belum dimanfaatkan.

Oleh karena itu, kegiatan ini diharap dapat memberikan informasi dan pencerahan bagi semua yang mempunyai keterampilan menciptakan sesuatu.

“Kekayaan intelektual harus mempunyai sisi bisnis sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat. Ekosistem ekonomi kreatif di Papua Barat diharap dapat lebih kuat lagi,” tandasnya.

Wali Kota Sorong yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Sorong Fanik Tehupeiory, S.Sos, MH dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kota Sorong fokus pada sektor industri jasa.

Pemerintah mensupport menyediakan lahan bisnis yang tetap dan fasilitas infrastruktur yang memadai seperti internet untuk mempermudah para penggiat ekonomi kreatif memasarkan karyanya.

“Pemerintah kota memberikan apresiasi ke Kanwil Kemenkumham yang telah membuat kegiatan Multi Event, diharapkan ekonomi kreatif di Papua Barat khususnya Kota Sorong lebih berkembang lagi,” pungkasnya.

Anda mungkin juga berminat