Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kejurda Futsal Papua Barat Harus Dipimpin Wasit Berlisensi

0 289

Manokwari,TN- Pembina Futsal Melati Raya Kota Sorong, M.Sanusi Rahaningmas menegaskan, Kejurda Futsal yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2019 harus dipimpin wasit berlisensi.

Sebagai orang yang sering melaksanakan olahraga futsal setiap dua tahun sekali, Sanusi Rahaningmas mengatakan, ketua Harian Futsal Papua Barat tidak bisa hadirkan wasit yang hanya asal memenuhi aturan.

Karena olahraga futsal beda dengan permainan bola lapangan besar dan kejurda kegiatan ini untuk mencari bibit mewakili provinsi sehingga otomatis perlu juga peraturan tata cara main di lapangan harus dipimpin oleh Wasit yang berlisensi.

“Di Papua Barat hanya ada 4 orang, 3 orang di Kota sorong dan 1 di Fakfakagar menjadi perhatian AFPROV dan Panitia Penyelenggara” tegas Sanusi kepada wartawan melalui pesan singkat whatshappnya, Sabtu (3/8).

Lebih lanjut mantan pemain bola asal Maluku Tenggara ini menjelaskan, untuk membangkitkan semangat generasi muda maka mulai tahun 2005, Dia menggelar kegiatan futsal mulai dari tingkat RT/ RW, Distrik, Kota hingga Turnanen Futsal Melati Cup.

Setiap dua tahun sekali digelar di Kota Sorong untuk memperebutkan piala bergilir dan hadiah uang pembinaan, medali, piagam dan Lain, kegiatan ini diikuti tim futsal dari luar Sorong diantaranya, Sorsel, Maybrat, Raja Ampat, Manokwari, Fakfak, dan Jayapura.

“Wasit yang kita pakai adalah wasit lisensi yang kita datangkan sebagian dari Makasar karena kekurangan wasit lisensi di Kota Sorong dan tahun 2018 kami datangkan salah satu wasit yang belum lisensi dari Manokwari dengan harapan ketika memimpin Turnamen tersebut bisa ada motivasi untuk bsa mengikuti pendidikan dan pelatihan wasit agar bisa mendapatkan sertifikat lisensi sehingga jauh lebih memahami aturan-aturat dalam memimpin pertandingan di lapangan sehingga tidak menimbulkan protes dari para pemain,” pungkas anggota DPR Papua Barat toga periode itu.

Sanusi Rahaningmas menuturkan, Melati Raya sudah dua kali melaksanakan Turnamen Futsal, pertama dibuka ketua DPD KNPI Papua Barat, Hermus Indouw.S.IP.,M.H kemudian kedua dibuka oleh Kadispora Kota Sorong dan Melati Raya Cup 3 akan dgelar pada bulan April 2020 mendatang di Kota Sorong.

Anda mungkin juga berminat