Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kasus Pidana Pemilu Manokwari Barat Tuntas, Kapolres Manokwari Diapresiasi

0 113

Manokwari,TN- Kuasa Hukum Forum Solidaritas Masyarakat Papua Peduli Demokrasi Jujur dan Adil (FSMP-PDJA), Yan Christian Warinussy,S.H memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kapolres Manokwari dan jajarannya yang telah bekerja ekstra cepat dalam menyidik dugaan pelanggaran pidana pemilu di Distrik Manokwari Barat.

Dengan kerja ekstra cepat tersebut Polres Manokwari telah melimpahkan berkas perkara pidana Pemilu itu ke Kejaksaan Negeri Manokwari pada Selasa (12/6) lalu untuk tahap penuntutan.

Warinussy menjelaskan, sesuai amanat pasal 480 ayat (1) UU RI No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu, penyidik Polres Manokwari telah menyerahkan berkas perkara kepada Penuntut Umum di Kejari Manokwari.

“Selanjutnya sesuai amanat pasal 477 dan pasal 480, maka saya memohon perhatian Kepala Kejaksaan (Kajari) Manokwari untuk segera menindak-lanjuti berkas perkara tersebut dan melimpahkannya ke Pengadilan Negeri Manokwari agar disidangkan” kata Yan Warinussy kepada wartawan di Manokwari, Senin (17/6)

Menurutnya hal ini penting demi mengungkapkan berbagai dugaan tindakan para penyelenggara pemilu di Kabupaten Manokwari yang diduga keras penuh manipulasi dan cenderung merugikan sejumlah besar calon legislatif (caleg) Orang Asli Papua (OAP).

Tindakan-tindakan tersebut cenderung terjadi secara Terstruktur, Sistematis dan Masif (TSM) sehingga mempengaruhi hasil pemilu 17 April 2019 yang lalu.

“Sayang sekali karena salah satu perkara tindak pidana pemilu lain mengenai pembagian wifi yang belum lama ini dikembalikan oleh Penuntut Umum Kejari Manokwari ke Polres Manokwari kemudian “hilang” tak berbekas hingga hari ini. Padahal amanat pasal 480 ayat (2) dan ayat (4) UU RI No.7 Tahun 2017 sangat jelas mengatur alur proses penegakan hukumnya” tambah Warinussy.

Anda mungkin juga berminat