Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kasus Dugaan Politik Uang Caleg PPP Di Makassar Dihentikan

0 74

Makassar, TN – Busranuddin Baso Tika (BBT), calon anggota legislatif dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bisa bernafas lega. Pasalnya, kasus dugaan politik uang yang dilakukan dirinya dihentikan Tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, lantaran tidak bisa melengkapi berkas perkara.

Menurut Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Makassar, Ulfadrian Mandalani, pihaknya sebelumnya telah mengembalikan berkas perkara tersangka yang dilimpahkan penyidik kepolisian pada tahap 1.

“Jadi, kami mengembalikan berkasnya karena masih ada petunjuk keterangan saksi yang tidak dilengkapi. Saat diperiksa, keterangan saksi meringankan tersangka,” kata Mandalani kepada wartawan, di kantor Kejaksaan Negeri Makassar, Rabu (17/7).

Karena kasus dugaan politik uang yang dilakukan oleh BBT sulit dibuktikan, kata dia, maka sentra Gakkumdu mengambil langkah untuk menghentikan proses perkara BBT yang juga Ketua DPC PPP Kota Makassar ini.

“Jadi memang, Sentra Gakkumdu yang hentikan sendiri kasus ini. Menurut saya, alangkah baiknya ditanyakan ke sentra Gakkumdu atau pihak kepolisian,” tandas Mandalani.

Untuk diketahui, BBT dinyatakan melakukan tindak pidana pemilihan umum oleh pihak Gakkumdu Makassar, atas dugaan politik uang yang dilakukannya jelang hari pencoblosan pada 17 April lalu. BBT dianggap melanggar Pasal 523 ayat 1 UU Pemilu No 7 Tahun 2019 dengan ancaman Hukuman 2 tahun dan denda Rp24 juta. Bahkan, BBT telah ditetapkan sebagai tersangka.

Anda mungkin juga berminat