Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kapolres Kaimana Kroscek Kesiapan KPU Jelang Pemilu 2019

0 47

Kaiman, TN – Kapolres Kaimana AKBP Robertus A. Pandiangan, Sik,MH melakukan pertemuan dengan Ketua KPU kabupaten Kaimana, Kristianus M. Maturbongs, S.Sos beserta jajaranya, untuk membahaterkait sejauh mana kesiapan KPU Kaimana jelang Pemilu 2019.

Dalam pertemuan tersebut Kapolres Kaimana juga mengecek Kesiapan KPU, PPD dan KPPS dalam persiapan Pelaksanaan Pemilu tanggal 17 April 2019.

“Dalam perekrutan para ketua PPD dan KPPS, agar dicek latar belakang dan kemampuan serta pendidikannya. karena Pemilu serentak kali ini harus membutuhkan ekstra kemampuan,” kata Kapolres.

Kapolres Kaimana juga berharap perlunya dilakukan simulasi pelaksanaan pencoblosan oleh KPU, untuk para warga baik yg di kota maupun di tingkat PPD (Distrik) dan PPS (Desa/Kampung).

Menurut Kapolres Kaimana, terkait logistik Pemilu,agar KPU koordinasi dengan pihak penyedia serta distributor logistik. Tujuannya, supaya aparat bisa tahu, kapan tiba baik itu via Kapal atau pesawat, supaya dapat dikoordinasikan untuk pengamanan saat tiba dan hingga diangkut sampai di gudang. .

Sementara Ketua KPU kabupaten Kaimana, mengungkapkan, untuk kegiatan Bimtek para ketua PPD dan KPPS dalam waktu dekat akan laksanakan.

“Sesuai tahapan pelaksanaan Pemilu, dan terkait SDM para ketua PPD dan KPPS selain masyarakat, juga kami pilih para guru-guru / tenaga kesehatan, karena mereka punya kemampuan, dan kami akan selalu berkoordinasi dengan aparat (Polres) terkait pelaksanaan Simulasi, kampanye terbuka maupun pergeseran logistik, yg mana anggota Polres akan ikut kawal kotak dan surat suara,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Komisioner KPU Kaimana, Dominika Hunga Andung, S.Si. Ia menegaskan bahwa sesuai tahapan pemilu, KPU akan mengundang para ketua PPD dan PPS, untuk mengikuti kegiatan Bimtek dan simulasi, agar perangkat ditingkat bawah mengerti dan paham saat hari H dalam pemungutan suar.

Usai pertemuan, Kapolres dab Ketua KPU Kaimana mengecek logistik Pemilu yang sudah ada di gudang KPU. Diantaranya kotak suara, bilik suara, sampul, segel dan tinta.

Kapolres juga meyempatkan diri untuk menyaksikan kegiatan peliipatan / pembuatan/perakitan kotak suara yang dilakukan oleh para relawan.

Anda mungkin juga berminat