Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Sembako Seharga Miliaran Rupiah Tenggelam di Asmat

0 167

JAYAPURA, TN – Bahan Kebutuhan Pokok (Sembako) seharga miliaran rupiah yang akan didistribusikan di Kabuten Asmat dan Yahukimo tenggelam setelah Kapal yang memuat barang tersebut mengalami kecelakaan di  Muara Unir Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Jumat (18/1/2019) malam.

Beruntung semua awak kapal selamat, namun kerugian yang ditimbulkan akibat kecelakaan tersebut mencapai miliaran rupiah.

Berdasarkan release yang diterima Teropong News, kapal pengangkut barang KM Yusuf 02 berbobor 58 GT mengalami kecelakaan lantaran putusnya tali kemudi akibat cuaca burut saat pelayaran.

“Karna cuaca buruk, nahkoda tidak bisa mengendalikan kapal sehingga tali kemudi putus, kapal terseret ombak sampai dipertengahan Muara Ewer dan Muara Unir sekitar 100 meter, dan kandas miring ke kanan sehingga semua muatan terendam air laut,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal, Minggu (20/1/2019).

Kabid Humas mengatakan kapal tersebut dinahkodai Captain Salim dengan membawa 5 orang ABK. Kapal tersebut berangkat dari pelabuhan Timika menurut Agats dan Yanukimo.

Kabid Humas menjelaskan sebelum kapal miring, Captain dan ABK berusaha mengeluarkan barang muatan, hanya saja karna ombak besar dan gelombang air tinggi sehingga semua barang muatan tersebut jatuh kembali.

“Karna kondisi yang tidak memungkinkan itu akhirnya  Captain kapal dan ABK bergeser ke anjungan kapal untuk menghindari hempasan ombak yang tinggi,” jelas Kabid Humas

Proses penyelamatan para ABK kapal sendiri dapat dilakukan setelah bantuan dari tim basarnas tiba di tempat kejadian kapal kandas dan mengevakuasi seluruh awak kapal. (*)

Anda mungkin juga berminat