Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kakanwil Kemenkumham Papua Sebut Lapas di Papua Over Kapasitas

0 46

Jayapura, TN – Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Papua, Iwan Santoso, menyebut semua Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang ada di wilayah Papua over kapasitas.

“Hampir 100 persen lapas di Papua over kapasitas,” kata Iwan kepada wartawan, Sabtu (7/9).

Ia mencontohkan Lapas Abepura dengan jumlah penghuni yang mencapai 600 warga binaan, dimana kapasitas yang seharusnya hanya 324 orang. Demikian juga Lapas Narkotika di Sentani, jumlah warga binaan mencapai 533 orang sementara kapasitas lapas hanya untuk 300 orang saja.

“Dari tahun ketahuan memang demikian, dan Kemenkumham tak hanya lakukan sendiri, tapi ada kajian yang harus di diskusikan dengan Menpan, BKN dan Kemenkeu lantaran berhubungan dengan penambahan pegawai lapas termasuk anggaran penggajian dan lainnya, ” jelas Iwan.

Dikatakan, Kemenkumham juga sudah mengusulkan untuk setiap Lapas di Papua minimal harus berkapasitas 350 orang.

Disamping itu jumlah personil Lapas dengan warga binaan tidak seimbang, bahkan itu tak hanya terjadi di Jayapura, melainkan di beberapa Kabupaten seperti Wamena, Merauke dan Timika.

Menurutnya, untuk tahun ini akan dibangun dua lapas, yakni LPK dan perempuan. Pembangunan dua lapas ini akan dibangun di Kabupaten Kerom.

Anda mungkin juga berminat