Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kanwil Kemenkumham Malut: Jaringan Narkoba Di Lapas Harus Dibongkar

0 120

Ternate, TN – Jaringan dan pengedar narkoba di Lembaga pemasyarakat (Lapas) Klas IIA Kota Ternate harus segera dibongkar oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut).

Kabid Pembinaan Bimbingan dan Teknologi Informasi Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Malut, Adi Nirono mengatakan, penangkapan yang dilakukan pihak BNNP Malut terhadap jaringan narkoba yang fokusnya kepada tahanan Lapas Kelas IIA Jambula Ternate harus dibongkar, dan pihaknya mendukung upaya yang dilakukan oleh BNNP Malut tersebut.

“Saya kira ini sifatnya masih dugaan ya, sehingga kita belum bisa memvonis, bahwa ini benar-benar terjadi. Pastilah, BNNP akan melakukan penyelidikan hingga proses penyidikan,” kata dia kepada wartawan, di Ternate, Rabu (18/9).

Dua menegaskan, jika ada oknum tahanan yang terlibat dalam jaringan pengedar narkoba didalam lapas, maka aturan hukum sesuai Undang-Undang (UU) akan diberikan.

“Intinya, kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, baik transasksi di dalam lapas. Kami pastikan, akan memperketat dari pintu masuk baik itu melalui kunjungan dan lainnya,” tegas dia.

Menurutnya, kasus yang terjadi sesuai data BNNP Malut masih di luar dugaan tapi semoga tidak terjadi. Selain itu, pihaknya juga belum tahu terkait napi di Lapas yang terjerat jaringan narkoba yang beredar di luar. Untuk itu, Kemenkum Ham sangat mendukung BNNP Malut melakukan tahapan penyelidikan lebih dalam lagi.

Hingga kemarin ni, kata Adi, pihaknya belum menerima surat dari BNNP Malut terkait kasus ini, sehingga akan menyerahkan secara penuh kepada BNNP agar terus melakukan penyelidikan. “Jika napi yang ada di dalam lapas terlibat kerjasama dengan jaringan pengedar di luar lapas, maka akan lebih keras diberikan sanksi berat,” ancam Adi.

Anda mungkin juga berminat