Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kantor Dukcapil Sorsel Kemalingan, 3 Unit Komputer 2 Printer Hilang

0 46

Teminabuan, TN- Nasib kurang beruntung dialami Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Sorong Selatan (Sorsel). Pasalnya setelah masuk kantor pasca libur panjang Idul Fitri 1440 H, kedapatan 3 unit komputer data kependudukannya dan 2 printer tidak ada di ruangan, alias raib diambil maling.

“Peristiwa pencurian ini sudah enam kali dialami di kantor Capil Sorse ini,” ujar Kepala Dinas Dukcapil Sorong Selatan, Drs. George Japsenang, M.Si, kepada teropongnews.com, Selasa (11/6).

Atas kejadian tersebut, Kepala Dinas Dukcapil Sorong Selatan, Drs. George Japsenang, M.Si, langsung mendatangi Polres Sorsel untuk membuat Laporan Polisi (LP) atas hilangnya 3 unit komputer dan 2 printer tersebut.

Kronologis yang diceritakannya, berawal dari masuk kantor pasca libur panjang Idul Fitri 1440 H, pada Selasa pagi (11/6) sekitar pukul 08.30 WIT.

Setelah tiba di ruangan, barulah menyadari kalau dua unit komputer sudah tidak berada di tempatnya masing-masing.

Kemudian kata George Japsenang, dirinya langsung menanyakan kepada stafnya yaitu Petrus Likumahua, Afi dan Heru terkait keberadaan komputer tersebut. Namun ketiga stafnya itu, mengaku tidak tau keberadaan komputer itu.

Setelah menanyakan dua unit komputer yang diduga dicuri itu, barulah menyadari bahwa ternyata bukan dua komputer saja yang hilang, ada juga satu unit komputer lainnya dan 2 printer di bagian data KK juga tidak berada di tempatnya.

Hampir semua staf yang masuk kantor Selasa pagi itu, ditanya satu persatu, namun tidak ada satupun yang melihat ketiga komputer yang sangat penting itu. Karena ketiga komputer itu adalah komputer data kependudukan kabupaten Sorong Selatan.

Atas dasar itu, akhirnya Kepala Dinas Dukcapil Sorong Selatan, George Japsenem berkesimpulan kalau ketiga komputer tersebut, hilang karena dicuri.

Kantor Dukcapil Sorsel yang keurian.

Anehnya kata George, tidak ada tanda-tanda pencuri merusak pintu atau jendela maupun bagian gedung kantor yang lain.

“Memang aneh, karena tidak ada pintu atau jendela yang dirusak, semua dalam keadaan baik, bahkan pintu saja terkunci dengan rapih. Kalau polisi menduga, ini ada keterlibatan orang dalam, namun Polisi masih tetap melakukan penyelidikan,” imbuhnya.

George Japsenang berharap, pelaku pencurian barang milik negara itu segera ditangkap dan barang berupa 3 unit laptop dan 2 printer bisa segera dikembalikan.

Sampai berita ini diturunkan, pihaknya dan Polisi belum dapat memastikan kapan barang-barang tersebut hilang dicuri. Menurutnya, yang pasti barang itu hilang saat libur panjang Lebaran berlangsung.

BUPATI DAN WABUB dan SEKDA SORSEL SIDAK

Bertepatan dengan hilangnya 3 unit komputer dan 2 printer di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sorong Selatan, Bupati Sorong Selatan, Samsudin Anggiluli, Wabub Martinus Salamuk dan Sekda Dance Julian Flasy melakukan sidak hari pertama masuk kerja pasca Lebaran di kantor tersebut.

“Sementara saya sedang buat laporan polisi di Polres Sorsel, saat itu pak bupati, wakil bupati dan pak sekda sedang sidak di kantor, tapi saya tidak ada, pas pak Sekda telpon bilang mereka ada di kantor, saat itu juga saya menuju kantor,” jelas Japsenang.

Sampe di kantornya, yang bersangkutan langsung menceritakan kronologisnya kepada ketiga atasannya itu.

Namun Japsenang tidak menyebutkan apa yang dikatakan bupati Sorsel kepada media ini, Ia hanya berharap bupati Sorsel bisa segera membangun bangunan kantor Capil baru yang representatif agar pelayanan kepada masyarakat Sorsel bisa tercapai, masyarakat juga menjadi nyaman.

Sekedar diketahui, saat ini Dinas Dukcapil Sorsel sementara menempati bangunan tua peninggalan Belanda di jalan Teminabuan Ayamaru, Teminabuan Sorong Selatan.

KADIS CAPIL HIMBAUAN

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sorong Selatan, Drs. George Japsenem, M.Si, himbau kepada seluruh warga masyarakat Sorong Selatan bahwa sampai seminggu kedepan pihaknya belum dapat memberikan pelayanan yang maksimal, karena telah kehilangan 3 unit komputer dan 2 unit printer.

George Japsenang berharap jika warga yang mengetahui barang milik negara itu berada, mohon bantuannya untuk dilaporkan kepada pihak Kepolisian.

Anda mungkin juga berminat