Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kadis Dikbud Kabsor Akui Ada Guru Yang Tidak Berada Ditempat Tugas

0 13

Aimas,TN- Masih adanya tenaga guru di Kabupaten Sorong yang meninggalkan tempat tugas dan tidak menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik, menjadi sorotan dan fokus perhatian utama dari keenam fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Sorong dalam Penyampaian Pendapat Akhir Dewan terhadap LKPJ Bupati Sorong tahun 2018, Senin (8/4).

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabsor Kepas Kalasuat, S.Pd, M.M.Pd angkat bicara. Kepada media ini, Kepas membenarkan hal tersebut. “Apa yang disampaikan keenam fraksi tentang adanya guru yang sering tidak berada ditempat tugas itu memang betul. Hal ini dikarenakan banyaknya pemekaran distrik dan kampung, sehingga tenaga guru kami terbatas. Jadi kalau ada urusan dinas, pasti guru akan meninggalkan tempat tugas sehingga sekolah menjadi kosong,” ungkapnya.

Apalagi selama 5 tahun ini, kata Kepas, tidak ada penerimaan PNS khususnya tenaga guru. Sehingga banyak sekolah-sekolah khususnya yang berada di daerah 3T kekurangan guru. Oleh karena itu, lanjutnya, untuk mengisi kekosongan tenaga guru, pihaknya sudah membuat pengajuan untuk penambahan formasi guru dengan jumlah yang besar.

“Supaya tidak ada lagi yang mengeluh tidak adanya guru di sekolah yang ada di kampung. Kalau guru lengkap dan banyak, tidak mungkin sekolah kekosongan guru. Kami akan melengkapi perumahan guru kedepan supaya guru betah ditempat tugas. Kita juga lihat kondisi di kabupaten sorong itu sulit dijangkau, apalagi sekolah 3T. Kedepan formasi guru kontrak daerah akan ditambah melalui APBD. Kita akan prioritaskan SDM dulu, kalau SDM terpenuhi maka semua akan mengikutinya,” pungkasnya seraya menambahkan sekarang sudah ada penambahan transportasi bus ke kampung-kampung, hal ini juga dapat memudahkan guru untuk pergi mengajar.

Anda mungkin juga berminat