Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kadinsos Merauke: Semua Bansos Hanya Diberikan Kepada Warga Yang Memiliki Dokumen Kependudukan

0 54

Merauke, TN – Semua bentuk bantuan sosial (Bansos) yang disalurkan Kementrian Sosial melalui Dinas Sosial hanya akan diberikan kepada penduduk yang punya data kependudukan yang jelas, seperti memiliki KTP dan Kartu Keluarga (KK) sebagaimana tertuang dalam MoU antara Kemetrian Sosial dan KPK.

“Bantuan apapun, penerimanya harus punya identitas kependudukan yang jelas,” jelas Kepala Dinas Sosial Merauke, Yohanes Samkakai, Rabu (15/01).

Bagi penduduk yang tidak memiliki dokumen kependudukan tidak bisa menerima bantuan. Ia mengakui, bahwa di Merauke masih banyak penduduk yang belum mengurus dokumen kependudukan terutama warga kampung di pedalaman. Untuk itu, harus ada kerjasama antara pemerintah distrik dan pemerintah kampung bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil).

“Sehingga pembagian bantuan akan tepat sasaran dengan data yang valid,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, penerima Rastra akan ada penambahan kuota di 2020 ini namun tidak disebutkan berapa banyak. Tentu dengan melihat kepemilikan dokumen kependudukan.

Tahun 2019 lalu, kata Yohanes, semua Rastra sudah tersalurkan di semua Distrik. Tahun ini, diupayakan bantuan Rastra akan berjalan lebih baik dari sebelumnya.

Anda mungkin juga berminat