Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kabur dari Penjara, Napi LP Sorong Bikin Aksi Kriminal Lagi di Aimas  

0 6.297

Aimas, TN – Ratusan nara pidana penghuni Lembaga Pemasyarakatan (LP) Sorong yang melarikan diri saat kerusuhan pada Senin (19/8/2019) lalu, memicu kecemasan warga Kabupaten Sorong. Mereka diduga banyak yang melarikan diri ke wilayah Aimas dan sekitarnya, serta membuat aksi kejahatan baru dalam beberapa hari terakhir.

Kasus kriminal terbaru yang diduga dilakukan penghuni napi yang kabur itu terjadi pada Jumat (23/8/2019) sekitar pukul 20.00 Wit, di jalan Intimpura Kelurahan Mariat Pantai. Korbannya adalah John Dulaetri, 52, warga Klalin 2.

Informasi yang diterima Teropongnews.com dari warga di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP), kejadian ini berawal saat korban yang hendak pulang ke rumahnya, dicegat tiga orang tak dikenal. Sambil membawa parang, mereka meminta uang kepada korban, dan mengaku baru keluar dari penjara.

Saat korban menyatakan tidak punya uang untuk diberikan, salah satu dari pelaku menyabetkan parang dan melukai bagian pinggang sebelah kiri. Sementara pelaku lain memukul korban dan mengenai pada bagian wajah.

Menerima serangan itu, John berusaha melarikan diri ke perkampungan penduduk sambil berteriak minta tolong. Tak ingin menjadi buruan warga, para pelaku langsung kabur ke arah jalan kontainer.

John mendapat pertolongan warga dengan luka sobek di pinggang bawah sebelah kiri serta di siku kiri, akibat sabetan parang. Di bagian wajah, korban mengalami luka memar pada hidung dan luka lecet di pipi sebelah kanan. Oleh 2 orang pemuda di sekitar TKP, John langsung dilarikan ke Puskesmas SP 2 untuk mendapatkan pertolongan.

Kapolsek Aimas, AKP Indro Rizkiadi saat dikonfirmasi Teropongnews membenarkan adanya peristiwa itu. Tapi menurut perwira dengan tiga balok di pundak ini mengaku kasusnya sudah ditangani oleh jajaran Reskrim Polres Sorong. “Untuk lebih jelasnya silakan tanya langsung ke Polres,” tandas Indro, saat ditemui usai peresmian Kantor Kelurahan Malasom, Sabtu (24/8/2019) petang.

Aksi kriminal yang diduga dilakukan napi yang kabur dari penjara sebelumnya juga terjadi di kawasan Mariat Pantai, pada Senin (19/8/2019) malam. Di sekitar pangkalan ojek, ada warga yang hendak dibegal oleh dua orang tak dikenal. Informasinya, korban saat itu berteriak minta tolong dan menarik perhatian warga yang kebetulan masih terjaga.

Mengetahui adanya aksi kejahatan itu, ada warga yang berinisiatif memukul tiang listrik untuk mengundang warga lain keluar rumah. Mengetahui banyak warga yang datang, pelaku akhirnya melarikan diri ke arah jalan kontainer. Kepala Seksi Binmas Islam Kementerian Agama Kabupaten Sorong, Supriyanto S.Ag dalam pertemuan dengan Forkopimda dan FKUB di kantor Bupati mengatakan, dalam beberapa hari terakhir marak terjadi tindak kriminal yang diduga dilakukan para napi yang kabur. “Tolong untuk Pak Kapolres agar kejadian ini disikapi, agar warga tidak resah,” kata Supriyanto, Rabu (21/8/2019) lalu.

Mendengar pernyataan itu, Kapolres Sorong AKBP Dewa Made Sutrahna S.Ik membenarkan adanya ratusan napi yang kabur dari penjara. Jumlahnya sekitar 158 orang. “Tapi kalau untuk bertindak kriminal, sepertinya kok bukan mereka. Karena status mereka sebagai buronan, tidak akan berani secara terang-terangan muncul ke masyarakat,” kata Kapolres.

Anda mungkin juga berminat